Budak Natuna Pemilik Agen Perjalanan Wisata Putar Haluan ke Ekonomi Kreatif Hingga Mancanegara

oleh -707 views
Arif Naen

NATUNA (KP) – Brand produk kaos dan jarsey produksi Distro NNC adalah karya kreatif bidang pariwisata dari sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh anak muda asal Natuna bernama Arif Naen.

Arif memilih usaha pariwisata ekonomi kreatif dikarenakan usaha agent travel perjalanan wisata yang dikelolanya terbentur pandemi Covid-19. Saat ini jarsey produksi Distro NNC menjadi promosi nyata pariwisata Natuna.

Kata Arif, pandemi Covid-19 sangat meresahkan bahkan bisa membunuh usaha-usaha dan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Pada masa pandemi berkepanjangan ini para pelaku usaha harus peka membaca peluang agar ekonominya tetap bisa terus berjalan.

“Memang sangat terasa sekali, dulu sebelum adanya pandemi ini bisa dibilang lumayan lah, setiap bulan setidaknya selalu ada tamu. Sekarang pandemi kita harus pandai-pandai melihat peluang lain,” kata Arif kepada koranperbatasan.com di Distro NNC miliknya, Desa Sepempang, Sabtu 17 April 2021.

Kaos jarsey yang diproduksi oleh Arif melalui Distro NNC ini kebanyakan bermotif pariwisata khas Natuna. Saat ini Arif telah berhasil memproduksi kurang lebih 6.000 helai dalam waktu delapan bulan semenjak bisnis jerseynya mulai di rintis.

“Kalau dirata-ratakan sebulannya itu bisa dapat orderan 300-400 helai. Jadi memang benar modal menjadi kendala, maklumlah modal kocek,” cetus Arif tersenyum.



Selain modal lanjut Arif, tranportasi yang jauh juga menjadi kendala. Namun tidak terlalu menjadi masaalah bagi dirinya meskipun baju tersebut didatangkan dari daerah yang cukup jauh dan memakan waktu.

“Cetaknya di Solo kemudian di kirim ke Jakarta baru ke Natuna. Jadi dalam menjalankan sebuah bisnis kita perlu menentukan target atau pasar dari sebuah bisnis  tersebut,” ujarnya.

Menurut Arif usaha ekonomi kreatif seperti jarsey jika orang biasa dengan harga sebesar Rp 170 ribu tentu akan terasa. Meraka pasti akan berpikir berkali-kali untuk membelinya.

“Tapi kalau orang luar beda, orang luar mereka lihat kualitasnya terus desainnya, dengan harga segitu orang tidak masaalah, begitulah mindset orang jadi kita harus lihat target bisnis kita ini kemana,” ungkapnya.

Arif menjelaskan untuk pemasaran jarsey produksi Distro NNC saat ini telah merambak di Singapura, Malaysia, Brunai, Taiwan dan bahkan Australia. Pemesan terbanyak menurutnya adalah Malaysia, Singapura dan Brunai.

Tanpa disadari ternyata kaos dan jarsey produksi Distro NNC karya Arif Naen dengan sentuhan kreatifitas pariwisata lokal tersebut menjadi salah satu promosi nyata terhadap pariwisata Natuna. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan