Berhasil Ditemukan Pada Kedalaman 838 Meter KRI Nanggala 402 Terpecah Jadi Tiga Bagian

oleh -2.452 views

JAKARTA (KP) – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menerangkan KRI Nanggala 402 yang hilang kontak telah ditemukan di perairan Bali, jaraknya 1.500 yard ke selatan dari letak tenggelamnya kapal pertama kali dikedalaman 838 meter.

Dikutip dari sindonews.com terbit Minggu, 25 April 2021, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan dari hasil pencarian yang dilakukan beberapa hari akhirnya KRI Nanggala 402 berhasil ditemukan dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian.

“Terdapat bagian-bagian, jadi disana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian yang tadi disampaikan oleh Panglima TNI,” pungkasnya.

Menurut Yudo, sebelumnya telah ditemukan barang-barang diyakini milik KRI Nanggala 402. Lantas, pada Minggu, 25 April 2021 pukul 01.00 WITA, KRI Rigel yang melksanakan Multibeam Echosounder terhadap kontak bawah air hang signifikan disekitar posisi datum atau saat tenggelamnya KRI Nanggala 402 pertama kali. Datum itu diketahui pada kedalaman 800 meter.

“Karena peralatan KRI Rigel ROP-nya hanya mampu 800 meter sehingga diserahkan pada MV Swift Rescue bantuan dari Singapura, lalu diidentifikasi kontak tersebut oleh MV Swift Rescue pada 07.37 WITA pagi tadi,” tuturnya.

Kapal selam Singapura itu, lanjut Yudo menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) guna menindaklanjuti kontak bawah air yang telah diberikan oleh KRI Rigel. Alhasil, pada pukul 09.04 WITA, ROV yang diturunkan Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik Selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik Timur.



“Yaitu, letaknya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala,” ungkapnya.

Panglima TNI : Prajurit Terbaik Hiu Kencana Telah Gugur

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kesedihan mendalam terkait tenggelamnya kapal selam milik TNI AL KRI Nanggala 402. Dia menyatakan bahwa awak Nanggala 402 telah gugur. Pernyataan tersebut disampaikannya setelah mendapati laporan dari KSAL Laksamana TNI Yudo Margono bahwa kapal Nanggala terbelah menjadi tiga bagian.

“Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya. Semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” kata Hadi dalam konferensi pers, Minggu 25 April 2021.

Hadi Tjahjanto menyebutkan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala 402 telah gugur. Hal ini disampaikan setelah kemarin KRI Nanggala dinyatakan tenggelam atau subsunk.

“Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan Utara Bali,” ungkapnya.

Sebagai Panglima TNI, Hadi Tjahjanto berharap semua jajaran TNI dapat meneruskan pengabdian secara paripurna.

“Semoga tuhan yang maha kuasa menerima seluruh amal ibadah dan pengabdian saudara-saudara. Semoga kami semua dapat meneruskan pengabdian paripurna saudara-saudara sebagai prajurit-prajurit terbaik TNI,” pungkasnya. (KP).


Kontributor : sindonews.com

Photo : Srenshoot Live Kompas TV

Editor : Amran