Disdik Support Inovasi Teknologi Diluncurkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

oleh -393 views
Kasi Pendidikan Masyarakat dan Kursus, Dinas Pendidikan Natuna, Zamzuhir, SPd, M.Si

NATUNA – Kepala Sesi Pendidikan Masyarakat dan Kursus, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Zamzuhir, SPd, M.Si mengapresiasi program inovasi yang diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna.

Menurut Zamzuhir, inovasi tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Adapun inovasi yang diluncurkan ialah sebuah aplikasi bernama ePusda Natuna (Natuna Digital Library) online yang bisa didapatkan melalui Play Store.

“Sekarang pada umumnya anak-anak kita sudah banyak menggunakan android. Jadi untuk mengakses atau membaca buku digital rasanya tidak ada kendala. Apalagi sinyal di daerah kita ini sudah cukup bagus,” katanya menjawab koranperbatasan.com di ruang kerjanya, Selasa, 06 Juli 2021.

Kata Zamzuhir, sekarang pada masa pandemi Covid-19 pendidikan formal maupun non formal sedang giat-giatnya belajar secara daring atau Belajar Dari Rumah (BDR). Dengan adanya aplikasi ePusda Natuna tentu sangat membantu berbagai pihak baik dari pendidikan formal maupun non formal dalam memperoleh buku bacaan.

“Kita support itu, perkembangan teknologi diikuti dengan perkembangan ilmu,” terangnya.

Tentunya dalam upaya mendukung program itu lanjut Zamzuhir, kedepan dinas pendidikan akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Pada prinsipnya untuk pendidikan formal, dinas pendidikan ada acuan dari pemerintah pusat. Buku-buku apa yang dilegalitas.

“Namun untuk menambah pengetahuan siswa tidak masalah buku apa saja, yang penting ada nilai mendidiknya,” imbuhnya.



Sementara untuk pendidikan non formal, dinas pendidikan akan mensuport melalui lembaga-lembaga Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di daerah.

“Kita melalui TBM pasti menyampaikan itu. Sekarang untuk Kabupaten Natuna sudah memiliki 17 TBM. Pada saat pembentukkannya, juga bergabung dengan salah satu tim dari dinas perpustakaan. Pengelola TBM itu dominan berprofesi sebagai guru, jadi mungkin informasinya lebih cepat sampai ke masyarakat melalui siswa,” ujarnya.

Zamzuhir berharap, adanya aplikasi ePusda Natuna yang merupakan inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Natuna itu dapat meningkatkan mutu pendidikan agar lebih baik ke depan.

“Salah satunya dapat menunjang peningkatan mutu terutama minat baca siswa. Bukan hanya siswa tetapi juga masyarakat bisa meningkatkan wawasan,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan