Keputusan Gawai Akbar HUT RI Ke-76 di Natuna Dalam Proses Pembahasan

oleh -382 views
Kepala Bakesbangpol Natuna, Drs. Muhtar Achmad, M.Eng saat memberi keterangan terkait kegiatan HUT RI Ke-76 di Natuna, Jum’at 23 Juli 2021.

NATUNA – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Bakesbangpol) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Muhtar Achmad, M.Eng memastikan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk gawai akbar HUT RI Ke-76 tahun 2021 di Natuna.

Kata Muhtar, persiapan yang dilakukan berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 tanggal 22 Juni 2021 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021.

Meskipun beberapa persiapan itu telah dilaksanakan, namun pihaknya belum dapat memastikan pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut dilaksanakan di lapangan terbuka atau melalui daring.

“Kita sudah koordinasi dengan pimpinan dan instansi terkait, mengenai persiapan untuk pelaksanaan HUT RI ke-76. RAB-nya sudah kita buat, tetapi belum dapat dilaksanakan karena payung hukumnya masih dalam proses koreksi,”  sebutnya menjawab koranperbatasan.com di ruang kerjanya, Jum’at 23 Juli 2021.

Jadi lanjut Muhtar kita belum bisa lebih jauh mengambil langkah-langkah kegiatan dan masih menunggu arahan dari pusat bagaimana perayaan HUT RI tahun ini, apakah boleh upacara di tengah pandemi atau melalui daring.

Muhtar menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna juga sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk pemasangan dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya dilingkungan masing-masing secara serentak sejak tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Agustus 2021.

“Kemudian mengibarkan bendera merah putih secara serentak dilingkungan masing-masing  mulai tanggal 1- 31 Agustus 2021,” jelasnya.



Sedangkan untuk tema HUT RI ke-76 lanjut muhtar, adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema dan Logo bisa diunduh pada website resmi Kementerian Sekretaris Negara www.setneg.go.id.

Dalam hal ini, Muhtar berharap, meskipun di tengah pandemi Covid-19  semangat nasionalisme tetap terpatri di hati.

“Bersama-sama secara serentak pada tanggal 1-31 Agustus 2021, mengibarkan bendera merah putih sebagai apresiasi memperingati 76 tahun Indonesia merdeka. Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” tutupnya. (KP).


Laporan : Hairil