Badai Pandemi Tiadakan Program Alat Bantu Penyandang Disabilitas Fisik

oleh -212 views
Puryanti, SP, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna, saat menjawab pertanyaan wartawan koranperbatsan.com di ruang kerjanya, Jum’at, 23 Juli 2021.

NATUNA – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Puryanti, SP membenarkan selama dua tahun ini belum ada program alat bantu bagi penyandang disabilitas fisik yang bisa disalurkan.

Hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran yang disebabkan adanya refocusing selama masa pandemi Covid-19.

“Refocusing sampai 2021 ini. Tetapi kita usulkan lagi untuk 2022 nanti, karena banyak juga permintaan,” sebutnya menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Jum’at, 23 Juli 2021.

Kata Puryanti, alat bantu yang dimaksud berupa kacamata bagi yang mengalami minus pada penglihatan, tongkat bagi yang mengalami susah berjalan, termasuk kursi roda bagi yang tidak bisa berjalan.

“Tahun ini yang dari provinsi pun tidak ada. Biasanya kita dapat, Kabupaten Natuna sekian jumlahnya. Tahun 2019 lalu ada dapat,” katanya.

Menurut Puryanti, alat bantu bagi penyandang disabilitas fisik sangatlah penting. Bahkan saat ini untuk Kabupaten Natuna tercatat ada 919 orang penyandang disabilitas fisik yang membutuhkan bantuan.

“Misalkan tongkat bagi yang susah berjalan dikarenakan stroke. Orang yang terkena stroke itu kan harus sering-sering berjalan, dengan adanya tongkat mungkin bisa meningkatkan kemandirian mereka, itulah manfaat alat bantu. Agar mereka bisa berlatih berjalan secara perlahan-lahan,” jelasnya.



Puryanti berharap kedepan berkaitan dengan urusan sosial mendapat perhatian khusus baik program kegiatan maupun anggarannya.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 cepat berlalu. Kembali normal dan bisa membantu penyandang disabilitas fisik,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan