Gelar Wisuda Sarjana, Ini Pesan Ketua STAI Natuna

oleh -210 views
Wisudawan/wisudawati STAI Natuna Tahun Akademik 2021-2022.

NATUNA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, menggelar Wisuda Sarjana, Prodi Pendidikan Agama Islam ke-XIV, Prodi Ekonomi Syariah ke-X, Prodi Hukum Pidana Islam ke-III, dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ke-II, serta Prodi Komunikasi Penyiaran Islam ke-II.

Bertemakan “Restorasi Nilai Dan Spirit Entrepreneur (Kewirausahaan) Berbasis Tamadun Melayu Dikalangan Milenial”, Wisuda Sarjana tahun ini diikuti sebanyak sebanyak 124 orang wisudawan/wisudawati di Gedung Sri Serindit, Ranai, Kamis 13 Januari 2022.

Ketua STAI Natuna, H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan laporan.

Ketua STAI Natuna, H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I dalam laporannya mengatakan susuai dengan tema kegiatan wisuda serta visi Bupati dan Wakil Bupati Natuna yakni “terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai kabupaten maritim yang unggul, eksotis, aman dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai relegius dan kultural”, maka tentu hal ini menjadi magnet bagi para alumni untuk ikut serta dalam gerak maju pembangunan di Natuna kedepan.

“STAI Natuna kini telah berusia 19 tahun, berdiri sejak 22 Juni 2002 dan beroperasi sejak tanggal 27 Agustus 2002. Jumlah alumni sampai hari ini sebanyak 1.352 orang. Dengan rincian Pendidikan Agama Islam 714 orang, Ekonomi syariah 533 orang, Pendidikan Islam Anak Usia Dini 27 orang, Hukum dan Pidana Islam 63 orang, Komunikasi dan Penyiaran Islam 15 orang,” ungkapnya.

Wisudawan/wisudawati menuju ke dalam ruangan Gedung Sri Serindit.

Umar menyebutkan, tantangan STAI Natuna kedepan yakni menyiapkan lulusan yang berkepribadian melayu, memiliki daya juang dan terampil dalam mengembangkan profesi dan keilmuan.

“Apalagi hal itu dikaitkan dengan mewujudkan tatanan peradaban baru yang berbasis digitalisasi, kecerdasan buatan dan kemanusiaan baru. Namun saya yakin dan percaya, kerjasama dan dukungan semua pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Natuna akan dapat menjawab tantangan tersebut,” terang Umar.

Sebelum mengakhiri laporannya, Umar sempat menghaturkan pesan kepada para wisudawan/wisudawati bahwa pentasbihan hari ini merupakan modal awal untuk melangkah lebih jauh, serta peningkatan kapasitas diri guna kepentingan bangsa, agama dan negara.



“Kepada orangtua kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan perhatian khususnya kepada STAI Natuna,” imbuhnya.

Wisudawan/wisudawati mengikuti prosesi Wisuda Sarjana.

Kepada Pemerintah Daerah Natuna, ia berharap agar kiranya berkenan untuk meningkatkan kerjasama dan perhatian. Terutama dalam pemanfaatan tenaga alumni, penguatan kelembagaan STAI Natuna dan kerjasama dibidang penelitian serta pengabdian masyarakat.

“Dalam penerimaan CPNS hendaknya Pemkab Natuna membuka akses yang seluas-luasnya terhadap alumni STAI Natuna dan putra-putri tempatan,” harapnya.

Harapan besar juga ia haturkan kepada Kopertais Wilayah XII Riau Kepri, untuk membantu kemudahan dalam penguatan pendidikan serta karir, jurnal dan sertifikat dosen.

“Memberi ruang atau event-event bagi mahasiswa untuk unjuk kebolehan dalam berbagai keilmuan dan bakat minat,” pungkasnya.

Turut hadir, Bupati Natuna, Koordinator Kopertais Wilayah XII Riau Kepri, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Pendidikan Natuna, FKPD, para orangtua wisudawan/wisudawati, serta undangan lainnya. (KP).


Laporan : Johan