Kadis P3AP2KB : Hak Pendidikan Anak Harus Dipenuhi Meski Pandemi Covid-19

oleh -268 views
Kepala Dinas P3AP2KB, Kabupaten Natuna, Dr.Hj Rika Azmi STP,MM.

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Dr.Hj Rika Azmi STP,MM, mengatakan peringatan hari anak sedunia yang di peringati setiap 20 november menjadi momentum untuk memenuhi hak anak.

Meski tahun ini di peringati bertepatan dengan suasana pandemi Covid-19, Rika menuturkan hal tersebut tidak mengurangi semangat dan komitmen pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak demi terwujudnya Indonesia Layak Anak tahun 2030, terkhususnya Kabupaten Natuna.

“Mari kita jadikan dua peristiwa ini sebagai peringatan penting untuk meningkatkan semangat kita memenuhi hak-hak anak, demi terwujudnya Indonesia layak Anak Tahun 2030 dan generasi emas tahun 2045,” kata Rika kepada koranperbatasan.com, melalui via telepon, Sabtu, 28 November 2020.

Rika menyebutkan salah satu cara pemerintah dalam memenuhi kebutuhan anak dimasa pandemi Covid-19 yaitu, dengan mengeluarkan kebijakan/aturan di bidang pendidikan.

“Pemerintah mengeluarkan kebijakkan pembelajaran secara daring untuk mencegah penularan Covid-19 kepada anak-anak. Dan ini salah satu cara pemerintah memenuhi kebutuhan anak dalam pendidikan dimasa pandemi Covid-19,” sebutnya.

Rika mengakui meski kebijakan/aturan belajar dengan sistem daring ini kurang optimal dibandingkan secara tatap muka, namun ini adalah cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak.

“Tidak dapat dipungkiri segala aktifitas anak-anak berubah. Dan menimbulkan kasus-kasus baru, seperti ancaman stres, bahkan tindakan kekerasan pada anak,” ujarnya.



Terakhir Rika menegaskan untuk mengimbangi terjadinya kasu-kasus baru yang terjadi pada anak-anak dimana pandemi Covid-19, pihaknya terus melakukan upaya dan komitmen dalam menjamin akan keamanan dan kenyamanan anak dalam beraktifitas. (KP).


Laporan : Boy



Memuat...