Kadis Pertanian: “Penyuluh Adalah Ujung Tombak Kami”

oleh -250 views
Kepala-Dinas-Pertanian-Natuna-Marwan-Sjah-Putra-S.TP

NATUNA  (KP),- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Marwan Sjah Putra ,S.TP mengatakan tenaga penyuluh merupakan ujung tombak petani dan pemerintah.

Karena peran dan fungsi penyuluh ini sangatlah penting dalam memberikan pemahaman-pemahaman agar para petani menjadi lebih profesional ketika bercocok tanam. “Banyak sekali fungsinya apalagi zaman sekarang yang serba tekonologi. Nah disinilah peran penting penyuluh tadi,” kata Marwan menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya Kamis, 10 September 2020.

Pemahaman tersebut adalah bagaimana cara pengoperasian alat-alat tekhnologi pertanian seperti alat bajak, pemberian pupuk, kesuburan tanah dan cara mengatasi hama. Itu semua bertujuan agar para petani menjadi lebih profesional sehingga bisa meningkatkan  nilai produksi.

Dan yang sangat penting lanjut Marwan, penyuluh ini merupakan penyampai pesan apa yang menjadi kendala dan kebutuhan para petani dalam bercocok tanam. “jadi kami juga tidak mungkin untuk selalu turun ke lapangan sehingga peran penyuluh ini sangat penting bagi kami dan memang penyuluh ini menjadi ujung tombak kami”, tegasnya.

Untuk saat ini lanjut Marwan, ada 8 orang penyuluh menjalani tugas serta perannya tersebut dan 6 di antaranya di tugaskan untuk daerah lubung pangan Kecamatan Batubi. “untuk jumlah ini kami masih memerlukan lagi, makanya kami juga meminta kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, setiap tahun kami minta terus kalau ada penyuluh kami siap untuk menampung,” imbuhnya.

Sebagai kepala dinas dan berlatar belakang di dunia pertanian, Marwan berharap agar sektor pertanian kedepannya lebih diprioritaskan. “Dengan dukungan anggaran dan kerjasama perangkat lain, karena ini memang tugas kita bersama. Jadi tidak bisa dilakukan tanpa adanya dukungan pihak lain,” tutupnya.(KP).


Laporan : Sandi/Boy





Memuat...