Kelurahan Tarempa Gelar Musrenbang Bahas Rencana Pembangunan 2021

oleh -219 views
Suasana-berlangsungnya-Musyawarah-Perencanaan-Pembangunan-di-Kelurahan-Tarempa

ANAMBAS (KP),- Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, (Anambas) Provinsi Kepri, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Aula Kelurahan Tarempa, Rabu 29 Januari 2020 sekira pukul 9:00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan itu, Camat Siantan, Sekcam Kecamatan Siantan, Babinkamtibmas mewakili Polsek Siantan, para Ketua RT dan RW, Kaleng, LPMK, KJK, PKK, Posyandu, dan seluruh lembaga yang ada di Kelurahan Tarempa.

Lurah Tarempa, Syamsir, S,AP menjelaskan Musrenbang merupaka agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sesuai jadwal. Biasanya pada bulan Januari atau akhir Januari. Pada Musrenbang tersebut seluruh RT, RW, PKK dan Ormas maupun OKP serta masyarakat se-Kelurahan Tarempa bermufakat bermusyawarah menyatukan visi misi menyampaikan usulan untuk pembangunan di tahun yang akan datang.

“Saya berharap kepada bapak ibu, menyampaikan usulan kegiatan untuk tahun 2021 yang kemudian akan kita sampaikan di Musrenbang Tingkat Kecamatan. Semoga Musrenbang ini dapat kita sepakati bersama dan selesai secara sempurna,” tutur Syamsir.

Mengenai anggaran kegiatan Musrenbang ini, kata Syamsir, merupakan anggaran rutin dari Kelurahan Tarempa. Sedangkan konsumsinya berasal dari APBD Kabupaten Anambas melalui Kecamatan Siantan untuk kegiatan Kelurahan Tarempa.

Sementara itu, Camat Siantan, Rio Rizal menyebutkan Musrenbang pada dasarnya adalah musyawarah pembangunan yang dilaksanakan berjenjang. Mulai dari level Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan Pusat.



“Hari ini kita melaksanakan Musrenbang di Tingkat Desa/Kelurahan. Setiap tahun perangkat desa maupun kelurahan akan melaksanakan Musrenbang. Yaitu melaksanakan musyawarah rencana pembangunan untuk kegiatan tahun yang akan datang,” ujar Rio.

Rio menjelaskan pada awal tahun 2020 menjalankan kegiatan yang sudah direncanakan pada tahun 2019. Kemudian pada awal tahun 2020 ini merencanakan kegiatan untuk tahun 2021.

“Musrenbang ini berjenjang. Kita di kasih waktu paling lama akhir Januari itu sudah harus selesai. Karena awal Februari akan dilaksanakan Musrenbang Kecamatan. Setelah Musrenbang Kecamatan kita juga akan melaksanakan Musrenbang Kabupaten. Nanti bulan April dilaksanakan Musrenbang Provinsi. Maka dari itu, kita diberi waktu hanya sampai minggu terakhir,” terangnya.

Saat itu, Rio terlihat member kesempatan kepada setiap yang hadir untuk dapat memberikan masukan.

“Usahakan memberi saran dan masukan apa saja yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Kalau dapat kegiatan yang akan kita usulkan berpedoman pada tema yang telah disampaikan oleh Bappeda yaitu, Meningkatkan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kerakyatan dan Konektivitas Wilayah yang Handal,” tutup Rio Rizal, yang secara resmi membuka kegiatan. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra



Memuat...