Kementrian Perikanan Bantu OKU Timur Bibit Ikan

oleh -172 views
Serah-terima-bantuan-bibit-ikan-dari-Kementerian-Kelautan-dan-Perikanan

OKU  TIMUR (KP),- Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi S.Sos, M.Si yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Amin Zen menrima secara simbolis bantuan bibit ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Triyoso, Kecamatan Belitang OKU Timur (27/12/2019).

Bantuan tersebut merupakan salah satu kebijakan pembangunan perikanan terutama perikanan budidaya yang diambil oleh pemerintah melalui KKP. Berupa usaha perikanan yang dilakukan harus tidak merusak alam dan bahkan harus mendukung keberlanjutan produksi benih pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan balai-balai budidaya yang berada di KKP difokuskan pada pemenuhan kebutuhan benih ikan yang bermutu dan juga untuk pelaksanaan penebaran di alam.

Pelaksanaan kegiatan penebaran benih ikan di perairan umum merupakan salah satu agenda dalam rangka perbaikan dan salah satu upaya penambahan ketersedian ikan tangkapan potensi sumber daya ikan di perairan umum khususnya di OKU Timur. “Sehingga dengan penebaran ini diharapkan yang ada di dalam sungai/cek dam/waduk tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan secara optimal,” jelasnya.

Katanya, pelaksanaaan penebaran ini juga untuk meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Potensi perairan umum diantaranya sungai, cek dam, waduk kedepan harus dapat mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat oleh karena itu marilah kita bersama-sama memilihara untuk menjamin ketersedian sumber daya perikanan dimasa yang akan datang,” imbuhnya.

Bupati juga menambahkan, jadikan kegiatan penebaran  ini sebagai momentum agar lebih meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan jangan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang salah maupun menggunakan alat yang berbahaya bagi ekositem alam.

“Kerjasama yang baik antara instansi dan stakeholder terkait dalam menjaga perairan umum yang ada disekitar kita sehingga terjadi keseimbangan alam dan lingkungan yang semakin terjaga,” tambahnya.

Diharapkan agar kegiatan penebaran ini dapat secara rutin dilaksanakan demi menjaga kelestarian sumber daya ikan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,   terangnya.



Sementara Kadisnakan OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno MSi dalam laporannya, menjelaskan, sektor perikanan merupakan sumber pangan, kesempatan kerja, rekreasi perdagangan dan kesejahteraan ekonomi yang dinilai penting bagi penduduk seluruh dunia baik untuk generasi kini maupun generasi yang akan datang dimana salah satu sumber daya perairan yang memiliki potensi perikanan pada masa mendatang merupakan Perairan Umum Daratan (PUD).

PUD merupakan salah satu bentuk sumber daya berupa satu bidang air yang terbentuk secara alami maupun buatan dan terletak mulai garis pasang surut terendah kearah daratan serta bukan milik perorangan, terdiri dari sungai dan paparan banjiran danau, waduk, Cekdam dan genangan lainnya, jelasnya.

Bantuan benih ikan yang diterima OKU Timur 270,000 dan 360,000 benih ikan mas. “Semoga bantuan yang kita terima ini akan membawa manfaat dan menunjang perkembangan usaha perikanan di daerah kita,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Syahril



Memuat...