Siklus Terjadinya Awal Daur Hidup Ikan di Laut

oleh -89 views
Raja Hafiza Hamimi

IKAN adalah hewan bertulang belakang yang berdarah dingin (vertebrata pikilotermik) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan salah satu hewan yang sangat mudah untuk kita temui dimana saja serta banyak sekali jenisnya seperti air laut, air sungai, air tawar, dan lain-lain.

Perkembangan awal daur hidup ikan merupakan bagian paling penting bagi keberadaan dari suatu populasi ikan yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan yang ada. Dalam perkembangannya, telur – larva – ikan muda – ikan dewasa.

Daur hidup ikan laut dimulai dari telur yang selanjutnya menetas menjadi larva. Larva ini berkembang dengan menjalani perubahan morfologi dan fisiologi hingga kelak menjadi dewasa sebagai ikan yang berenang bebas di perairan. Ikan tentu sudah sangat familiar bukan? Ada berbagai macam jenis ikan yang hidup di dunia.

Mulai dari ikan untuk dikonsumsi, pemangsa, hingga ikan hias semua mengalami siklus kehidupan yang sama. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, daur hidup atau siklus hidup pada ikan bertujuan untuk mempertahankan populasinya dengan cara berkembang biak untuk melindungi dan menjaga keberlangsungan hidup spesiesnya di lingkungan tersebut.

Siklus hidup bisa dikatakan sebagai daur hidup pada beberapa kondisi. Ikan merupakan jenis hewan vertebrata yang dimana hidup pada kawasan perairan. Terdapat dua golongan yang ditemukan pada hewan yaitu golongan air tawar dan ikan air asin. Cara membedakan ikan tersebut bisa dilihat dari jaringan hewan yang ada di tubuh ikan tersebut.

Secara garis besar, siklus ikan tawar dan ikan air asin tidak jauh berbeda. Berikut adalah siklus hidup ikan :  

  1. Telur : telur akan sangat tergantung dengan suhu dari perairan dimana telur tersebut berada. Jika perairan hangat, maka telur akan cepat menetas.
  2. Larva : larva ikan akan menemukan kantung kuning telur bagian perut. Kantung kuning sangat penting bagi larva ikan untuk sumber makanan.
  3. Iklan Muda : pada fase ini menandakan mulainya proses metamorfosis pada ikan. Ikan muda belum sepenuhnya mengalami perkembangan pada organ tubuhnya.
  4. Ikan Dewasa : struktur tubuh pada ikan akan lebih kuat. Organ yang dimiliki ikan mulai matang dan dapat berfungsi sempurna.




Oleh : Raja Hafiza Hamimi

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan



Memuat...