Ketua Bawaslu Anambas : “Media Massa Garda Terdepan Penyebarluas Informasi”  

oleh -73 views
Media-Gethering-digelar-oleh-Badan-Pengawas-Pemilu-Kabupaten-Anambas-di-Aula-Siantan-NUR-Sabtu-02-November-2019

ANAMBAS (KP),- Sejumlah media online maupun cetak di Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) menghadiri acara Media Gethering digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Anambas di Aula Siantan NUR, Sabtu, 02 November 2019.

Kegiatan yang pimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Anambas, Yovi Susanto, SE dan dihadiri anggotanya tersebut mengambil tema “Peran Aktif Media Dalam Pendidikan Politik  Terhadap Masyarakat”.

Menurut Ketua Bawaslu, Yovi Susanto, media massa memiliki peran serta yang penting untuk menjaga netralitas, integritas dan harmonisasi dalam pelaksanaan Pilkada. “Karena adanya media dapat memberikan informasi melalui pemberitaan yang beredar sehingga dapat menginformasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kata Yovi, disinilah peran penting media untuk dapat melakukan pengawasan terhadap dugaan pelanggaran yang muncul dipelaksanaan Pilkada nanti. “Media juga dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat secara luas,” sebutnya.

Dihadapan seluruh anggota Bawaslu dan awak media saat itu, Yovi memastikan bahwa media baik cetak maupun online dapat menjadi garda terdepan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan generasi pemilih pemula, karena sangat mudah diakses.

“Namun media harus bersikap netral dan tidak disponsori oleh calon. Selain itu juga media jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pemilih. Sebab media merupakan alat informasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Yovi, kita berharap peranan media dapat menyampaikan informasi terkait kegiatan Pilkada. Sehingga penyelenggaraan itu dapat bersinergi dan penyelenggara menjadi berintegritas,” pungkasnya. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra