Ketua Bawaslu RI Apresiasi Penyelenggara Pilkada Kepri 2020

oleh -140 views

TANJUNGPINANG (KP),- Ketua Bawaslu RI Abhan, mengapresiasi seluruh penyelenggara Pemilu yang sudah bekerja keras demi menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Riau.

Hal tersebut disampaikan  Abhan, saat mengunjungi Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang di Kawasan Komplek Bintan Centre, Jalan DI. Panjaitan, Batu 9, Sabtu, 19 Desember 2020.

“Alhamdulillah, penyelenggara Pemilu di Kepri sangat berintegritas dan menjaga independensi dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020,” kata Abhan.

Pertemuan silaturahim dan kunjungan kerja yang membahas hasil dan evaluasi pengawasan Pilkada 2020, bersama Ketua Bawaslu RI, dan didampingi oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Said Abdullah Dahlawi, Kabag SDM Bawaslu RI Hotma Maya, serta dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, Maryamah, Novira Damayanti, Ketua dan Anggota Bawaslu Bintan Febri, Ondi, Dumoranto, Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat, Ketua Bawaslu Natuna Khairurrijal, dan Anggota Bawaslu Batam Bosar.

“Tetap semangat dan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan pengawas yang telah mengawal pesta demokrasi secara baik dan berintegritas,” tutur Abhan.

Dalam agenda kunjungan kerjanya, Abhan sempat memonitoring pengawasan proses rekapitulasi suara tingkat KPU Provinsi Kepulauan Riau di Hotel CK Tanjungpinang, serta mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak di Provinsi Kepri 2020 meningkat sekitar 10 persen dibanding pilkada sebelumnya. Namun, jumlah tersebut masih di bawah target Nasional.

Abhan menyebutkan angka partisipasi pemilih Pilkada Kepri 2020 naik menjadi sekitar 67,8 persen jika dibanding Pilkada Kepri 2015 sekitar 57 persen. Sementara, untuk target partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2020 secara Nasional sebesar 77,5 persen.



Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Ketua Bawaslu RI serta arahan yang diberikan.

“Kehadiran dan arahan yang diberikan oleh Ketua Bawaslu RI, menjadi motivasi dan spirit bagi kami dalam meningkatkan proses pengawasan pesta demokrasi,” ucap Zaini.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini menyampaikan hasil dan perkembangan pengawasan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020 di Kota Tanjungpinang, terutama pada tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitualasi suara.

“61% partisipasi pemilih di Kota Tanjungpinang, dengan 92.825 Pengguna Hak Suara, berarti ada kenaikan 4% jika dibandingkan dengan Pilgub Kepri 2015 yaitu 57%,” ungkap Zaini.

Zaini menjelaskan, kenaikan partisipasi pemilih tersebut menjadi tantangan ditengah pandemi, serta berkat kerjasama semua pihak dan kesadaran masyarakat.

“Termasuk Bawaslu Kota Tanjungpinang, yang masif melakukan sosialiasi pengawasan partisipatif dengan berbagai lapisan masyarakat, untuk memberikan informasi dan edukasi seputar suksesi dan pengawasan Pilkada ditengah pandemi”, ucap Zaini.

Zaini juga mengapresiasi 12 Panwascam, 18 Pengawas Kelurahan dan 444 Pengawas TPS yang telah optimal dan maksimal melakukan pengawasan Pilgub Kepri yang berintegritas dalam setiap tahapan.

“Semoga menjadi amal shalih kita, dalam mengawal pesta demokrasi yang berintegritas dan berkualitas,” harap Zaini. (KP).


Laporan : Ependi



Memuat...