LSM GMBI Tanggamus, Gelar Aksi Penolakan RUU HIP

oleh -157 views
Aksi-penolakan-LSM-GMBI-terhadap-RUU-HIP

TANGGAMUS (KP),- Ditengah maraknya polemik  gugatan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Indonesia khususnya Kabupaten Tanggamus. Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Kabupaten Tanggamus, menggelar aksi unjuk rasa penolakan RUU HIP didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus, Kamis, 09 Juli 2020.

Kurang lebih 150 orang masa  yang tergabung dalam LSM GMBI Kabupaten Tanggamus, yang dipimpin langsung oleh ketua LSM GMBI Amroni AB. Pada kesempatan itu, Amroni AB mengatakan kepada Tim AJOI Tanggamus, unjuk rasa yang digelar LSM GMBI untuk menyampaikan aspirasinya sebagai bentuk kepedulian terhadap bangsa, dimana RUU HIP menjadi isu Nasional dan menjadi perbincangan protes, pasalnya Pancasila tidak boleh dirubah lagi.

“Aksi pada hari ini, LSM GMBI Tanggamus menyatakan penolakan terhadap RUU HIP yang tidak sesuai dengan harapan bangsa. Pancasila tidak boleh dirubah lagi dan ini menjadi salah satu pembelaan dari keluarga besar LSM GMBI Tanggamus terhadap pancasila,” kata Amroni.

Amroni berharap, adanya aksi penolakan RUU HIP agar DPRD Tanggamus, bisa menyampaikan aspirasi mereka kepada DPR RI. “Kami berharap, wakil rakyat ini bisa menyampaikan aspirasi bahwa di Kabupaten Tanggamus  LSM GMBI sangat menolak RUU HIP dan tidak merubah Pancasila,” harap Amroni.

Menurut Amroni, RUU HIP yang sedang gempar di Indonesia ini, sangat cacat serta tidak tepat. “Sebenarnya, RUU HIP ini cacat dimasa pandemi Covid-19. Pancasila itu, tidak boleh diubah-ubah. Jika RUU HIP itu disahkan, kami keluarga besar LSM GMBI akan membuat aksi yang lebih besar lagi,” tegas Amroni.

Aksi unjuk rasa LSM GMBI dilajutkan mediasi dengan DPRD Tangggamus,  yang disambut baik oleh Wakil Ketua DPRD Tanggamus Kurnain, S.IP, dari  fraksi  Partai NasDem. Kurnain,S.IP, menyampaikan hasil aspirasi LSM GMBI yang menolak adanya RUU HIP di Kabupaten Tanggamus. “Aspirasi penolakan LSM GMBI Tanggamus, tentang RUU HIP yang menjadi isu Nasional, pada dasarnya secara kelembagaan akan kami diskusikan, dan akan kami teruskan,” katanya.

Kemudian, lanjut Kurnain “saya secara utusan Partai Nasdem sebagai anggota Fraksi Nasdem ini juga akan kita suarakan di partai kita, sampai ke DPR RI. Artinya partai kami dari pusat sudah berbicara untuk melakukan penolakan terhadap RUU HIP. Juga sebagai Kader Partai NasDem nantinya, akan kami sampaikan juga bahwa di Tanggamus ada elemen masyarakat yang menyuarakan untk menolak RUU HIP tersebut,” terangnya.



Sementara itu, terkait keamanan selama masa aksi LSM GMBI, menurut Kabag Ops Polres Tanggamus, tidak ada insiden kericuhan dan dipastikan aksi tersebut, mengikuti Protokol kesehatan dalam masa new normal pandemi Covid-19. “Untuk keamanan dari polres terkait Aksi LSM GMBI tentang penolakan RUU HIP ini cukup damai dan tidak ada kericuhan masa. Hanya saja, mereka menyampaikan aspirasi penolakan RUU HIP, agar bisa disampaikan sampai kepusat,” imbuhnya. (KP/Arzal).


Kontributor : Tim AJOI Tanggamus

Editor : Riduan 



Memuat...