Madu Natuna Yang Dijanjikan Isdianto Tiba di RSKI Galang

oleh -188 views
Lima-jerigen-madu-Natuna-yang-tiba-di-RSKI-Galang-Minggu-14-Juni-2020

KEPRI (KP) ,- Janji Plt. Gubernur Kepri, Isdianto, untuk mengirimkan madu dari Kabupaten Natuna, telah tiba di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Galang Kota Batam pada Minggu, 14 Juni 2020. Tibanya madu asli dari Natuna tersebut, disampaikan langsung oleh Tim Posko Lawan Covid 19 Kepri di Batam kepada kepala rumah sakit, Kolonel (CKM) DR dr. Khairul Ikhsan Nasution. “Alhamdulillah kami menyambut baik madu ini, sebab madu untuk para pasien sudah habis stoknya. Jadi ini sangat pas sekali,” ujar Kolonel (CHK) DR dr Khairul Ikhsan Nasution.

DR dr Khairul juga menyampaikan ucapan terima kasih atas nama pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RSKI Galang atas perhatian Plt. Gubernur Kepri, Isdianto. “Ini bukti perhatian pak Gubernur kepada pasien yang dirawat. Apalagi sebagian besar pasien berasal dari Kota Batam,” katanya.

Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam diwakili oleh Ketua Tim Humas dan Publikasi, Iskandar Zulkarnaen Nasution menyampaikan salam hangat dari Plt. Gubernur Kepri, Isdianto. Serta membawa 10 liter madu asli Natuna yang dikemas sebanyak 5 jerigen ukuran 2 liter. “Ini merupakan amanah dari Plt. Gubernur Kepri, Isdianto, untuk disampaikan secepatnya. Jadi begitu madu ini tiba di Kota Batam, langsung kami diperintahkan untuk membawa ke RSKI Galang dan menyerahkannya,” terang Iskandar

Iskandar juga menyampaikan bahwa madu ini baru setengah dari jumlah yang dijanjikan oleh Plt. Gubernur Kepri, Isdianto. “Insyaallah, untuk yang berikutnya, akan diserahkan langsung oleh pak Isdianto,” ucap Iskandar.

Pemberian madu asli Natuna, oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto sebanyak 20 liter adalah respons atas laporan Ketua Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Buralimar mengenai permintaan  bantuan dari RSKI Galang. Sementara itu Kepala RSKI Galang, Kolonel (CHK) DR dr Khairul Ikhsan Nasution menyatakan bahwa madu adalah asupan yang paling ampuh untuk menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan oleh dr Ikhsan kepada Tim Posko Lawan Covid 19 Kepri di Batam, Minggu malam, 14 Juni 2020 di RSKI Galang. Menurut Ikhsan, dari banyak pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSKI Galang dan dinyatakan sembuh, dengan hasil 2 kali test swab negatif, asupan madu merupakan kunci dari kesembuhan pasien positif tersebut. “Alhamdulillah, kita sudah berhasil menyembuhkan banyak pasien positif korona, yang sebagian besar dari Batam, kuncinya adalah dengan asupan madu,” ujar Ikhsan.

Karena itu, ketersediaan madu menjadi suatu keharusan di RSKI Galang. Dr Ikhsan mengakui bahwa ada banyak saran tentang obat-obatan yang ampuh, namun semua itu masih belum cukup menyakinkan. “Pengalaman kami selama 3 bulan mengoperasikan RSKI Galang, madu adalah faktor kunci dalam penyembuhan,” terang Ikhsan.



Ikhsan juga menjelaskan bahwa ketersediaan madu bukan hanya untuk pasien. Namun juga untuk tenaga medis, para medis dan tenaga kesehatan yang bersama berjuang di RSKI Galang. “Untuk diketahui, bahwa madu jatah pasien sudah habis, sebab pasien dari Batam masuk terus. Sementara pasokan madu belum ada. Kami terpaksa memotong jatah madu buat tenaga medis, paramedis dan tenaga kesehatan yang ada di RSKI Galang. Demi kesembuhan pasien,” lanjut Ikhsan.

Bagi Ikhsan dan seluruh tim yang ada di RSKI Galang, kesembuhan pasien adalah tujuan utama. Tanpa harus mengorbankan kesehatan tim yang dipimpinnya. “Kita berperang dengan 2 tujuan utama, pasien menjadi sembuh dan kita tidak tertular. Makanya madu adalah kebutuhan dasar bagi kami,” ungkap Ikhsan.

Oleh sebab itu, Ikhsan selalu menitipkan permintaan pasokan madu kepada siapa saja pejabat yang meninjau RSKI Galang. Dan Ikhsan bersyukur, bahwa salah satu yang merespon adalah Plt. Gubernur Kepri, Isdianto. “Kalau pasokan madu untuk kami, tim di RSKI, dipasok oleh Panglima TNI dan masing masing mendapat 1 liter,” tutupnya. (KP/Ependi).


Kontributor : Humas Kepri



Memuat...