Manunggal Tuntung Pandang Desa Panjaratan Digelar

oleh -146 views
Bupati-Tala-H.-Sukamta-saat-memberikan-bantuan

PELAIHARI (KP),- Program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) perdana di Desa Panjaratan, disambut dengan antusias oleh warga setempat yang dapat bertatap muka langsung dengan Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Tala, Jum’at (17/1).

Bupati Tala dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya memang menginginkan Desa Panjaratan menjadi lokasi pertama kegiatan Manunggal Tuntung Pandang perdana di tahun 2020 sebab pada tahun ini Desa Panjaratan mendapatkan alokasi dana pembangunan yang tidak sedikit.

Seperti bangunan di sekolah UPTD SDN Panjaratan yang sekarang sudah direnovasi dan dirombak secara total, itu karena adanya dana dari APBN. Tak hanya itu, Desa Panjaratan juga mendapat program Kota Tanpa Kumuh (KoTaKu). “Disini kita bangun bak sampah serta sanitasi komunal dan itu sudah bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar bak sampah dikelola dengan baik. Sampah-sampah plastik dikumpulkan ke bak sampah, sebab dari sampah-sampah tersebut masih bisa menghasilkan nilai rupiah. Tahun ini Desa Panjaratan juga mendapat bantuan kapal untuk wisata susur sungai.

Sementara itu terkait dengan pengadaan air bersih di Desa Panjaratan, pihaknya akan membuat intake pengolahan air di Danau PTPN dengan kapasitas 50 liter perdetik yang nanti akan disalurkan untuk Desa Panggung Baru, Ujung Batu, Tungkaran dan Panjaratan. “Rencananya dari Kementerian PU untuk instalasinya tahun 2021 namun untuk intakenya tahun ini sudah kita siapkan,” jelas Sukamta.

Dirinya pun berharap, ditahun-tahun berikutnya tidak ada lagi masalah menyangkut air bersih di Desa Panjaratan. Pada kesempatan itu juga turut dilakukan berbagai penyerahan, diantaranya penyerahan data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tala kepada warga Desa Panjaratan. Penyerahan dari Dinas Sosial Tala berupa BPJS Kesehatan, penyerahan hadiah lomba kudapan, penyerahan sembako dari PKK Tala bekerjasama dengan Baznas.

Kemudian penyerahan bingkisan dari Bank Kalsel berupa bingkisan untuk Sekretaris Desa, penyerahan bingkisan dari Bank Mandiri untuk Ketua BPD dan Kepala Desa serta pemasangan baju pelatihan berbasis kompetensi kejuruan pembuatan roti dan kue di Desa Panjaratan juga penyerahan piagam penghargaan program Kotaku dan Pamsimas ditambah penyerahan bibit jengkol, petai, jambu mente, dan asam jawa sebanyak 5000 bibit, dari Dinas KPH Tala kepada Bupati.



Selanjutnya diadakan penandatanganan prasasti Gedung UPTD SDN Panjaratan, sarana air minum Desa Panjaratan, bangunan pengelolaan sampah, WC umum dan septic tank komunal perpipaan serta hidran komunal. Juga penandatanganan prasasti bangunan pengelolaan sampah, sumur bor dan menara pembagi perpipaan dan hidran umum Kelurahan Sarang Halang dan saluran drainase uditch Kelurahan Sarang Halang. (KP).


Laporan : Adam Subayu



Memuat...