MPA Tahan Baganggang Belangian  Siap Siaga Antisipasi Terjadinya Karhutla

oleh -199 views
Masyarakat-Peduli-Api-Desa-Belangian-saat-di-lapangan

BELANGIAN (KP),- Sejak ditetapkan awal Agustus 2020 lalu, hingga kini Masyarakat Peduli Api (MPA) “Tahan Baganggang” Desa Belangian sudah beroperasi. Seperti patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada titik-titik  rawan. Selain itu, juga mengaktifkan posko kebakaran  secara bergiliran.

Ketua MPA Tahan Beganggang, Siswanto menuturkan, anggotanya sudah aktif beroperasi di lapangan sejak awal Agustus 2020.  Adapun giatnya melaksanakan patroli ke daerah rawan karhutla dan siaga di posko secara bergantian. “Adapun lokasi dipantau secara umun adalah wilayah yang termasuk dalam peta Desa Belangian. Tidak hanya kebun masyarakat atau lokasi Rehab DAS,  akan tetapi hutan yang dianggap rawan tetap kami jaga dari serangan si jago merah,” kata Siswanto Rabu, 12 Agustus 2020.

Siswanto mengatakan selain patroli, MPA juga secara aktif memberikan penyadaran kepada masyarakat, agar menghindari cara membuka lahan dengan membakar. Sedangkan untuk meningkatkan kesiagaan dan memudahkan pemantauan keluar masuk orang ke Belangian, MPA secara bergotong royong membangun  pondok jaga yang  dilengkapi  portal dibatas desa. Sehingga diharapkan semua orang yang keluar masuk desa, bisa terpantau aktivitasnya.

Sementara itu, Kepala Tahura Sultan Adam, Ainun Jariah mengapresiasi kinerja para pejuang langit biru tersebut. Jariah berharap agar semua tetap waspada dengan mengutamakan kesehatan dan  keselamatan. “Semoga tahun 2020 wilayah Tahura bebas dari karhutla. Dan kepada semua MPA yang sudah terbentuk, agar tetap fokus pada pencegahan. Karena mencegah lebih baik daripada menanggulangi,” tegasnya. (KP).


Laporan : Adam Subayu

Editor : Riduan





Memuat...