Kadispora Natuna : Pemuda Harapan Bangsa Bersatu Bangkit dan Tumbuh

oleh -231 views
Kadispora Natuna, Benny Saputra, ST, M.Si

NATUNA – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Benny Saputra, ST, M.Si menyebutkan akan melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bupati Natuna, pada hari Kamis, 28 Oktober 2021.

“Petugasnya dari KNPI dan OKP-OKP yang ada. Untuk peserta mungkin dari pegawai, pelajar, OKP-OKP, ikatan-ikatan, pramuka, dan lainnya,” sebut Benny menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Rabu, 27 Oktober 2021.

Kata Benny, pada bulan Oktober seharusnya diisi penuh dengan kegiatan kepemudaan. Apapun bentuknya, pemerintah memiliki peran sebagai fasilitator.

“Hanya saja sekarang kondisi tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal tersebut,” ungkapnya.

Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun dengan tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh, menurut Benny merupakan momen yang tepat. Pentingnya membuka kembali spirit kesatuan, karena Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya.

“Bangkitkan semangat pemuda untuk melawan kondisi pandemi sekarang ini. Alhamdulillah Natuna sekarang Level 1,” pungkasnya.

Kemudian untuk tumbuh lanjut Banny, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menggalakan wirausaha pemuda. Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari Dispora untuk mencetak wirausaha pemuda.



“Dari pemantauan kami di zaman milenial ini, pemuda memang banyak menggunakan android untuk berwirausaha. Mereka berdagang apa saja, dan itu sangat tumbuh,” imbuhnya.

Benny menjelaskan, pada tahun 2020 lalu, Dispora telah melaksanakan sebayak dua  kali pelatihan wirausaha pemuda yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pemuda dalam berwirausaha. Namun untuk tahun 2021, hal tersebut tidak bisa dilaksanakan karena keterbatasan anggaran.

“Sebenarnya semangat itu tidak bisa di ukur, karena generasi muda inikan terus berganti,” tuturnya.

Benny berharap, para pemuda di zaman milenial agar menegakkan kembali komitmen yang telah di bangun oleh para pemuda yang telah berikrar di tahun 1928 silam.

“Sebenarnya untuk seluruh elemen bangsa, semangat ini harus kita tumbuhkan bukan hanya pemuda saja. Tetapi pemuda adalah harapan bangsa,” tegasnya. (KP).


Laporan : Johan