Dispora Genjot SDM Kepemudaan dan Olahraga Melalui Tiga Program Besar

oleh -275 views
Beni Saputra, ST M.Si, Kadispora Natuna

NATUNA (KP) – Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Beni Saputra, ST M.Si, mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kepemudaan dan olah raga sangat perlu dilakukan.

Kata Beni, Dispora Natuna memiliki tiga program besar dalam hal peningkatan SDM, diantaranya Program Pengembangan Kapasitas Daya Saing Keolahragaan, Program Pengembangan Peningkatan Daya Saing Kepemudaan, dan Program Pengembangan Kepramukaan.

“Pemuda dan olah raga itu, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sebetulnya program peningkatan SDM kita sangat lengkap. Dari tiga program besar itu terdapat banyak kegiatan didalamnya,” ungkap kepada koranperbatasan.com, diruang dinasnya Kamis, 25 Maret 2021.

Menurut Beni, saat ini tiga program itu, belum bisa dierealisasikan mengingat belum tersedianya anggaran di pemerintah daerah.

“Tentunya kita masih menunggu anggaran untuk merealisasikan bebarapa kegiatan itu. Untuk tahun 2021 ini, kegiatan yang sudah berjalan yaitu seleksi paskibraka di beberapa kecamatan,” ujarnya.

Beny mengakui untuk mensukseskan beberapa kegiatan beser itu tentunya perlu mendapatkan suport anggaran yang tidak kecil dari pemerintah daerah.

“Misalnya kegiatan kepemudaan ini seperti kewirausahaan, keterampilan pemuda dan lainnya. Kemudian untuk olah raga ada kegiatan sifatnya terpadu dan berkelanjutan. Nah tentu dalam hal ini harus disuport dengan anggaran yang besar, karena kita membentuk SDM untuk menjadi atlit hingga meraih juara prosesnya tidak instan,” ungkapnya.



Beny menjelaskan, meski dimasa pandemi Covid-19, Dispora Natuna akan terus berupaya meningkatan SDM disisi pemuda dan olah raga, agar terwujudnya generasi daerah yang berkompeten di kedua bidang tersebut.

“Tentunya kita akan berkomitmen dan terus berupaya agar peningkatan SDM di kedua bidang ini terwujud. Dimana dalam membangun SDM di kedua bidang ini pun perlu proses, usaha, waktu yang panjang dan kerja keras kita bersama,” jelasnya.

Adapun sasaran utama dalam peningkatan SDM baik dibidang kepemudaan dan olah raga tambah Beny, yaitu agar terwujudnya SDM berkualitas, mandiri dan terampil serta berdaya saing tinggi.

Beny berharap dan mengajak kepada seluruh pemuda, para atlit, penggiat olah raga dan pelatih sekalipun agar tetap semangat meski dimasa pandemi Covid-19, beraktifitas semestinya dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Marilah kita selalu bersemangat dan tidak menyerah dengan kondisi pandemi Covid-19 ini. Yakinlah dengan usahan dan perjuangan bersama, akan membuahkan hasil bagi kita semua,” tutupnya. (KP).


Laporan : Riduan