TRC BPB Damkar Natuna Evakuasi Sarang Tawon di Tempat Tinggi Sempit Beresiko

oleh -294 views
Petugas Tim Reaksi Cepat Bidang Penanggulangan Bencana Disdamkar Natuna sedang melakukan evakuasi sarang tawon di atas rumah warga

NATUNA – Tim Reaksi Cepat (TRC) Bidang Penanggulangan Bencana (BPB), Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan operasi evakuasi sarang tawon di Air Tawak, Kelurahan Ranai Kota, Senin, 08 November 2021.

Keberadaan sarang tawon di atas plafon luar rumah tersebut, dinilai meresahkan penghuni rumah dan warga sekitar. Posisi sarang tawon sempat menyulitkan TRC BPB Damkar Natuna dalam melaksanakan proses evakuasi, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama agar keamanan tetap terjaga.

“Karena posisinya di atas plafon luar rumah, sehingga kami sangat kesulitan untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Syawal, SE melalui Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Elkadar Lismana, SAP., M.Si kepada koranperbatasan.com melalui  pesan WhatsApp.

Kata Elkadar, TRC BPB Damkar Natuna terpaksa harus membuat lubang kecil di plafon rumah sebagai pijakan untuk menggapai sarang tawon. Evakuasi sarang tawon kali ini menggunakan obat insektisida, dimana risikonya sangat tinggi bisa terkena sengatan jika salah prosedur dalam penanganannya.

“Jika menggunakan api, dikhawatirkan bisa membahayakan rumah yang berakibat terbakar, tetapi risiko sengatannya sangat rendah,” kata Elkadar.

Lokasi sarang tawon menurut Elkadar berada di tempat yang tinggi, sempit dan terhalang. Terlihat beberapa ekor tawon berukuran besar dengan warna hitam pekat keluar dari sarangnya. Namun, tawon tidak sempat menyengat putugas dari TRC BPB Damkar Natuna, karena sudah terkena obat insektisida yang akhirnya langsung mati.

“Dalam melaksanakan operasi TRC BPB menggunakan pakaian tahan api (Fire Retardant) dan panas (Heat Reterdant). Kemudian dilengkapi helm, sarung tangan serta masker wajah,” terangnya.



Diakui Elkadar, evakuasi sarang tawon di rumah maupun perkarangan rumah warga sudah sering dilakukan oleh TRC BPB Damkar Natuna. Ada yang posisinya di bawah atap rumah sehingga menggunakan tangga.

“Bahkan TRC BPB Damkar Natuna harus memanjat pohon, karena sarang tawon berada di atas pucuk pohon,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan