Desa Serantas Siap-siap Gelar Festival Budaya Desa

oleh -292 views
Panitia pelaksana dan warga setempat sedang menyiapkan panggung kegiatan Festival Budaya Desa

NATUNA – Daya Desa Serantas, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Hasbullah menyebut saat ini panitia pelaksana, bersama Pemerintah Desa Serantas dan masyarakat setempat sedang melakukan gotong royong persiapan pergelaran Festival Budaya Desa.

Persiapan tersebut dilakukan dalam rangka mensukseskan kegiatan program Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Republik Indonesia (RI).

“Menyiapkan panggung kegiatan, stan dengan bahan alam seperti daun kelapa dan bambu,” sebutnya kepada koranperbatasan.com melalui pesan WhatsApp, Selasa, 16 November 2021.

Warga Desa Serantas sedang menganyam daun kelapa dan bambu untuk panggung dan stan kegiatan Festival Budaya Desa.

Kata Hasbullah, puncak acara festival budaya desa di Desa Serantas itu akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021 mendatang.

Ia memastikan, di dalam festival budaya desa di Desa Serantas juga diiringi dengan berbagai perlombaan. Mulai dari pengolahan minyak nyuk, kayuh jungkong, kayuh kulek, kukur kelapa berpasangan, dan menyelam.

“Terdapat juga workshop pemanfa’atan minyak kelapa, serta beberapa kegiatan yang ditambah berdasarkan permintaan masyarakat seperti perlombaan berenang tingkat SLTP dan SLTA, melukis untuk anak TK dan SD,” terangnya.

Kemudian lanjut Hasbullah, pada tanggal 20 November 2021 malam, langsung diadakan pembagian hadiah, penampilan seni budaya, sekaligus penutupan festival budaya desa.



“Di malam penutupan akan menampilan seni silat dan zapin,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Johan