Pemkab KKA Sambut Kedatangan Doktor Mengabdi dari Universitas Brawijaya

oleh -180 views
Sekda-KKA-Sahtiar-saat-menyambut-kedatangan-Doktor-Mengabdi-dari-Universitas-Brawijaya

ANAMBAS (KP),-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menyambut baik kunjungan Doktor mengabdi dari Universitas Brawijaya yang akan melaksanakan beberapa kegiatan di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, Senin, 9 November 2020.

Kunjungan tersebut diawali dengan Rapat Koordinasi bersama Pemerintah KKA yang merupakan silaturahmi dan perkenalan. Hadir dalam rapat tersebut,  Sekretaris Daerah, Asisten II, Asisten III, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Penanaman Modal, PTSP Transmigrasi dan Tenaga kerja serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH., M.M menanyakan terkait apa yang menjadi tujuan serta konsen dari Tim Doktor Mengabdi di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan. “Mudah-mudahan dengan kunjungan dari Tim Doktor Mengabdi, masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dapat terbantu dengan kegiatan yang dilaksanakan nantinya,” ujarnya.

Sahtiar, juga menambahkan sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan Doktor Mengabdi, pihaknya sudah melakukan rapat persiapan sebelumnya guna membantu serta mendampingi ketika berada dilapangan. “Kami telah melakukan rapat persiapan dan menunjuk orang yang akan membantu mendampingi jika diperlukan pendampingan  nantinya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya,  Dr. Ir. Muhamad Firdaus., MP memperkenalkan diri dan Anggota Timnya yang akan melaksanakan kegiatan Doktor Mengabdi di Kabupaten Kepulauan Anambas selama 1 minggu dengan jumlah 6 orang yakni :

  1. Dr. Ir. Muhamad Firdaus., MP
  2. Dhanny Septimawan Sutopo, S. Sos. M. Si
  3. Danang Aryanto, S. Si., M. Si
  4. Ari Setiadi, S.T., MT
  5. Rafli Dewantoro
  6. Marhen Andan Presetyo.

Kegiatan Doktor Mengabdi merupakan TRI DHARMA Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat, dalam hal ini adalah implementasi dari kegiatan pendidikan dan penelitian baik teori, aplikasi dan teknologi yang diterapkan langsung kepada masyarakat sehingga dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam penerapannya.

“Kegiatan Doktor Mengabdi ini di tujukan untuk daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang telah di mulai sejak tahun 2017, salah satunya adalah Kabupaten Kepulauan Anambas,” jelas Firdaus.



Lebih lanjut Firdaus memaparkan bahwa sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan Doktor Mengabdi ini adalah konsen pada pengembangan dari hasil potensi cumi yang kemudian di desain dalam pengembangan produk, pemberdayaan ekonomi serta yang nantinya akan menjadi role model dalam pengembangan desa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“kedepannya bukan hanya cumi yang menjadi program kegiatan, tapi sektor- sektor unggulan lain pun akan dilakukan asistensi dan pengembangan. Cumi adalah pilot project untuk dijadikan referensi bagi sektor-sektor lainnya,” tutupnya. (KP/Azmi).



Memuat...