Penanaman Benih Padi Menjadi Proker Dinas Pertanian Natuna Tahun 2021

oleh -154 views
Kepala-Dinas-Pertanian-Kabupaten-Natuna-Marwan-Sjah-PutraS.TP

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Marwan Sjah Putra,S.TP mengatakan Program Kerja (Proker) Dinas Pertanian di awal bulan Januari Tahun 2021 akan melakukan secara serempak/serentak penanaman benih padi yang akan difokuskan di Wilayah Kecamatan Bunguran Batubi.

Hal ini dilakukan kata Marwan, agar Kabupaten Natuna pada tahun yang akan datang bisa menjadi suatu daerah yang berswasembada beras. “Agar Kabupaten Natuna menjadi suatu daerah yang berswasembada beras kedepannya,” kata Marwan menjawab koranperbatasan.com, Kamis, 1 Oktober 2020 di ruang dinasnya.

Marwan mengungkapkan luas lahan yang akan ditanami benih padi tersebut, sekitar 42 hektare yang tersebar di Wilayah Kecamatan Bunguran Batubi. “Kita merencanakan memakai area sekitar 42 hektare,” ungkap Marwan.

Namun dalam perencaaan tersebut, lanjut Marwan ditemukan beberapa kendala yang dihadapi yaitu terkait insfarstruktur di bidang pertanian itu sendiri. “Permasalahan tersebut antara lain mengenai Irigasi (Pengairan), Tanggul (Pematang) dan Embung,” lanjut Marwan.

“Ketiga permasalahan ini sangat penting dan harus secepatnya kita realisasikan, karena sangat vital untuk mendukung hal itu,” imbuh Marwan.

Kendati demikian, Marwan akan tetap berupaya mengembangkan dan memaksimalkan Bidang Pertanian yang di embannya saat ini, dengan selalu mengecek  kondisi di lapangan, tidak hanya di Batubi, tetapi juga ditempat yang menjadi sentral Perkebunan dan Pertanian. ”Makanya saya selalu turun ke lapangan, untuk melihat kondisinya seperti apa dan bagaimana cara penanganannya,” tambah Marwan.

Disamping itu, Marwan menuturkan apapun yang menjadi Program Kerja Dinas Pertanian, dinas terkait lainya akan selalu mendukung seperti Dinas Ketahanan Pangan. “Kita selalu berkerja sama serta saling berkoordinasi, misalnya masalah lumbung padi,” tutup Marwan. (KP).




Laporan : Boy



Memuat...