Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca di Natuna

oleh -192 views

NATUNA (KP),- Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Hikmatul Arif menghadiri acara Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Natuna yang dilaksanakan di Desa Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Barat, Senin, 7 Desember 2020 pagi.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Hikmatul Arif menyampaikan saat ini minat membaca generasi muda dan masyarakat masih sangat rendah, hal ini salah satu penyebabnya adalah kurangnya akses.

Menurut UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% artinya dari 1000 orang hanya 1 yang rajin membaca. Dengan Gerakan Indonesia Membaca ini yang dipusatkan di Desa Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Barat diharapkan dapat mendukung serta menumbuhkan minat budaya membaca para generasi muda dan masyarakat sebagai jembatan dalam pengentasan kebodohan dan menjadikan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dapat diwujudkan.

Karena dengan kebiasaan membaca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan serta pembentukan karakter dalam memperkaya informasi serta dapat menambah kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman menyampaikan tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah serta kesadaran masyarakat untuk meningkatkan literasi secara berkesinambungan. “Melalui Gerakan Indonesia Membaca ini diharapkan dapat mendorong peningkatan budaya baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat pembelajar,” harapnya.

Sementara itu, Camat Pulau Tiga Pulau Barat, Idris juga menyampaikan ini merupakan program dari Menteri Pendidikan Republik Indonesia yang harus  dilaksanakan.

“Kegiatan ini merupakan suatu kebanggan bagi Kecamatan Pulau Tuga Barat khususnya Desa Pulau Tiga karena telah ditunjuk sebagai salah satu desa literasi seluruh Indonesia,” ungkapnya.



Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan buku untuk Taman Bacaan Masyarakat Desa Pulau Tiga dari CSR Bank Riau Kepri. Kemudian acara dilanjutkan dengan peresmian Taman Baca Masyarakat “Madah Seloka” Desa Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Barat yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan papan selubung serta doa tepung tawar.

Hadir pada kesempatan tersebut beberapa pimpinan OPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Camat beserta USPIKA Kecamatan Pulau Tiga Barat, Kepala Desa dan BPD Pulau Tiga, serta undangan lainnya. (KP/Rid).


Kontributor : Humas Natuna



Memuat...