Mengapa Badan Ikan Nemo Sang Ikan Badut Bergaris

oleh -193 views
Roni Sapira, Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Ikan Nemo atau serIiijng disebut ikan badut ini sangat lah cantik,ia tinggal di terumbu karang atau sering di sebut anemon.ikan Nemo sering di pelihara oleh orang-orang karena warnanya yang indah dna unik.ikan nemo sangat di gemari anak-anak kecil ,bukan hanya anak kecil orang dewasa juga suka memelihara ikan Nemo.Dia cepat mati  jika air di akuarium tidak dijaga dan suhu nya tidak sesuai dengan habitatnya.sekarang sudah sulit untuk saya melihat ikan Nemo ini,mungkin sudah tidak ada lagi yang berminat dengan ikan nemo ini.

Namun saya  binggung mengapa badan ikan nemo ini bergaris?.dan apa kegunaanya pada ikan nemo ini.bisa jadi ikan ini memiliki tubuh bergaris karena habitatnya yang hiduo di dalam anemon laut.bagi saya ikan nemo ini sangat unik karena mudah dikenali berkat warna tubuhnya yang jingga terang dengan garis-garis putih lebar.yang lebih anehnya lagi nemo banyak spesiesnya yang dibedakan hanya berdasarkan garis putih.

ilustrasi ikan badut dan anemon (crisod/Getty Images/iStockphoto)

Empat ikan badut yang berbeda untuk menggambarkan pola-pola warna spesies tersebut. Dari atas ke bawah: Amphiprion ephippium, Amphiprion frenatus, Amphiprion bicinctus dan Amphiprion ocellaris. J.E. Randall, CC BY

Mungkin ada beberapa faktor ekologis dapat mempengaruhi distribusi yang tidak acak tersebut dan kemungkinannya adalah jumlah garis putih yang dapat memungkinkan spesies ikan badut untuk mengenali satu sama lain. Kemampuan mengenali tersebut penting dalam organisasi sosial ikan badut yang tinggal di anemon laut di mana beberapa spesies dapat hidup berdampingan. Kemampuan tersebut juga yang memungkinkan Nemo dan ayahnya untuk menemukan satu sama lain dari ujung samudra yang berbeda–sebuah akhir yang bahagia untuk semua orang.

Dengan adanya garis putih tersebut,mereka tidak akan membunuh atau memusnahkan spesies mereka.karena mereka tahu bahwa mereka satu spesies hanya beda letak garis putihnya saja.namun yang saya ketahui yang paling digemari orang-orang adalh ikan nemo yang memiliki 3 garis putih vertikal. Dan ikan nemo yang memiliki 3 garis putih ini juga yang menurut saya paling indah,dan mungkin ikan nemo yanh satu ini jika di jual dengan harga fantastis orang Tetap akan mau membelinya.saya rasa juga jika saya menjual semua jenis ikan nemo, yang paling laris itu pasti ikan emo yang memiliki 3 garis putih lebar vertikal.



Ikan nemo ini juga pernah membintangi film animasi Pixar Finding Nemo pada tahun 2003.Anehnya lagi jika pada waktu ikan nemo ini masih kecil garis putihnya berkembang dari kepala,badan, dan ekor.namun jika ikan ini sudah besar garis putihnya menghilang dari ekor menuju badan lalu ke kepala. Mungkin ikan nemo ini jika sudah besar  garis putihnya memudar atu menipis karena ukuran badannya yang sudah membesar.

Namun walau pun garis putih pada ikan nemo ini hilang.saya yakin masih banyak pengemar ikan nemo ini.karena ikan ini banyak memiliki keunikan.dengan tekstur warna yang memantulkan cahaya yang membuat ikan ini makin cantik, indah, dan unik.bagi saya ikan nemo ini adalah ika. Hias yang sudah lama di gemari dan untuk membeli satu ekor ikan ini saja harus menghabis kan uang yang banyak. (KP).


Penulis : Roni Sapira

Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji