Tabloid Tentang Ekosistem Keindahan Perairan Pulau Midai

oleh -491 views
Venti Julian, Universitas Umrah

PULAU MIDAI merupakan pulau kecil yangi terletak di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau Indonesia (Kepri), termasuk juga pulau perbatasan. Luas pulau Midai lebih kurang sekitar 18 kilo meter dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki atau bersepeda motor.

Pulau Midai memiliki lautan yang luas ketimbang daratan, Lautan Cina Selatan yang luas terhampar mengelilingi Pulau Midai adalah karunia Allah yang luar biasa. Midai memiliki bibir pantai yang sangat indah untuk di pandang seperti pada gambar di bawah ini.

Tepi pantai Midai
  • POTENSI EKOLOGI PERAIRAN LAUT MIDAI ATAU NATUNA

Midai (Natuna) memiliki luas laut mencapai 99 persen dari total luas wilayahnya. Selain luas, laut Natuna juga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

Potensi sumber daya ikan laut Midai (Natuna) pada 2011 sebesar 504.212,85 ton per tahun atau sekitar 50 persen dari potensi Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP RI) 711 di Laut Natuna.

Jumlah tangkapan yang diperbolehkan mencapai 403.370 ton. Kemudian pada 2014, pemanfaatan produksi perikanan tangkap Natuna mencapai 233.622 ton atau 46 persen dari total potensi lestari sumber daya ikan.

Dari hasil yang didapat tersebut, komoditas perikanan di Natuna terbagi dalam dua kategori, yaitu ikan pelagis dan ikan demersal. Potensi ikan pelagis di Natuna mencapai 327.976 ton per tahun, dengan jumlah tangkapan yang dibolehkan sebesar 262.380,8 ton per tahun atau 80 persen.

Pada 2014, tingkat pemanfaatan ikan pelagis hanya mencapai 37,8 persen atau 99.037 ton. Selebihnya sebesar 163.343,8 ton per tahun belum dimanfaatkan. Ikan pelagis merupakan ikan yang hidupnya dipermukaan air hingga kolam antara 0-200 meter. Ikan pelagis memiliki kebiasaan hidup membentuk kelompok dalam melangsungkan hidupnya.



Berdasarkan ukurannya, ikan pelagis dibedakan menjadi pelagis kecil dan besar. Contohnya ikan tuna, ikan pedang, marlin, cakalang, tenggiri, dan lainnya. Untuk pelagis kecil adalah selar, teri, kembung, tongkol, dan lainnya.

Untuk potensi ikan demersal mencapai 159.700 ton per tahun, sedangkan tingkat pemanfaatannya pada 2014 hanya sebesar 40.491 ton atau 25 persen per tahun.

Artinya masih ada sekitar 119.209 ton per tahun ikan demersal yang belum dimanfaatkan di Natuna. Ikan demersal adalah ikan yang melangsungkan kehidupannya di dasar laut, baik untuk mencari makan atau memijah. Ikan demersal banyak dijumpai dilingkungan pantai hingga laut dalam. Ikan demersal dibagi menjadi dua jenis, yaitu benthic dan benthopelagic.

Beberapa jenis ikan di Natuna yang potensial untuk dikembangkan antara lain ikan jenis kerapu, tongkol krai, teri, tenggiri, ekor kuning, selar, kembung, udang putih, udang windu, kepiting, rajungan, cumi-cumi, dan sotong.

Daerah penangkapan ikan di Natuna berada di sekitar Pulau Bunguran, Natuna Besar, Pesisir Pulau Natuna, Midai, Pulau Serasan, Tambelan, dan Laut China Selatan.

Kapal asing masuk Laut Natuna

Nah, ini yang membuat negara tetangga tergiur akan potensial laut Midai Natuna, sampai-sampai mereka harus memasuki perbatasan Laut Natuna.

  • HARGA TIKET DAN JENIS TRANSPORTASI KE PULAU MIDAI

Beragam-ragam alat transportasi untuk sampai ke titik pulau Midai ini, karena pulau-nya yang kecil dan memiliki 1 pelabuhan panjang yang disebut dengan pelabuhan WK, nah itu merupakan pelabuhan untuk berlabuhnya kapal penumpang yang datang dari kota lain dan atau pengunjungnya.

Biasanya harga tiket juga beragam-ragam sesuai dengan alat transportasi untuk ke pulau ini. Dari kapal, pompong kecil (motorbut) hingga pesawat.

Motorbut KM Bukitraya dan KM Sabuk

Harga tiket sesuai kapal yang ditumpangi untuk ke Pulau Midai
Motorbut, KM Bukit Raya, dan KM Sabuk

Kapal Harga/berapa lama Kota
KM BUKIT RAYA 275.000/2 hari Tanjungpinang dan batam
KM BUKIT RAYA 150.000/1 hari setengah Pontianak
KM SABUK NUSANTARA 30.000/3 hari Tanjungpinang
PESAWAT 2.000.000/1 jam Batam Tanjung pinang
MOTORBUT /POMPONG 50.000/6 jam RANAI
KM BUKIT RAYA 100.000/13jam Anambas
KM SABUK NUSANTARA 15.000/24 jam Anambaas

Mengapa beragam-ragam harga untuk menaiki tranportasi tersebut? Ini di karena kan kenyamanan dari penumpang ini tersendiri untuk memilih kapal atau transportasi yang lainnya.

Jika ingin cempat sampai ke titik Pulau Midai teserbut dengan cepat bisa menaiki pesawat karna cuman 1 jam saja, namun itu mendarat di bandara Ranai. Jadi dari kota lain untuk ke Pulau Midai biasanya tidak akan mahal, palingan harga terjangkau dibawah Rp 300.000 saja. (***).


  • NAMA            : VENTI JULIAN
  • NIM                : 2002030020
  • JURUSAN       : BDP
  • FAKULTAS      : FIKP
  • UNIV              : UMRAH