Hutan Mangrove Menjadi Salah Satu Habitat Alami Berbagai Biota Laut

oleh -436 views

SEBAGAI zona transisi antara ekosistem terestrial dan laut, ekosistem mangrove memiliki banyak fungsi dan penghubung penting dalam menjaga keseimbangan biologis ekosistem pesisir. Ekosistem hutan mangrove merupakan habitat penting bagi organisme laut. Umumnya didominasi oleh moluska dan krustasea.

Salah satu dari ekosistem hutan mangrove adalah yang memiliki peran yang sangat besar terhadap biota laut yang hidup berasosiasi didalamnya, termasuk juga masyarakat yang bermukim disekitar hutan mangrove.

Berdasarkan kondisi lingkungan ekosistem mangrove yang sangat unik dan kompleks tersebut, maka para pakar mangrove telah menyepakati bahwa ekosistem mangrove dipercayai menjadi suatu tempat pemijahan dan tempat bertelur, sebagai tempat pembesaran berbagai macam biota laut serta selain itu, kawasan mangrove juga telah dimanfaatkan sebagai penyedia pangan, bahan kayu bakar bagi rumah tangga, bahan kayu bangunan, dan bahan untuk kayu lapis. (Prof. Drs. Pramudji M.Sc.).

Menurut Soerianegara (1987) mendefinisikan hutan mangrove sebagai hutan yang terutama tumbuh pada tanah lumpur aluvial di daerah pantai dan muara sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut, dan terdiri atas jenis-jenis pohon Avicennia, Sonneratia, Rhizophora, Bruguiera, Ceriops, Lumnitzera, Excoecaria, Xylocarpus, Aegiceras, Scyphyphora dan Nypa.

Hutan merupakan tempat dimana terdapat banyak pohon yang terdiri atas satu jenis maupun berbagai jenis. Hutan menjadi rumah bagi banyak binatang karena hutan merupakan sumber makanan. Ada banyak sekali jenis jenis hutan dan hampir semua memiliki flora dan fauna yang khas. Salah satu jenis hutan adalah hutan mangrove atau hutan bakau. Mangrove juga sebagai rumah dari berbagai flora dan fauna. Adapun flora dan fauna yang hidup di hutan mangrove ini ada berbagai macam.

Dalam Floranya terdapat tumbuhan selain tanaman mangrove atau bakau juga seperti, Ketapang, Nyamplung, Akasia, Nipah, Pohon Asem, dan Lamtoro, itulah beberapa jenis tumbuhan ata flora yang bisa kita jumpai di hutan mangrove atau bakau. Selanjutnya selain menemukan flora, juga menemukan fauna atau binatang.



Hutan memang tempat yang cocok untuk rumah berbagai jenis binatang. Namun karakteristik hutan yang berbeda- beda menyebabkan binatang yang ada di huitan juga berbeda- beda. Berikut ini adalah jenis fauna atau binatang yang ada di hutan mangrove yaitu, kepiting oranye, laga, ungu pemanjat, dan semapor, kelomang mangrove dan darat, udang pistol, ikan gledek.

Nah itulah berbagai flora dan fauna yang tumbuh atau hidup di hutan mangrove. Mengingat karena pentingnya kawasan ini, maka hutan mangrove ini tetap harus kita jaga kelestariannya, serta menjaga kelangsungan ekosistem mangrove, jika ekosistem tersebut rusak maka akan berdampak tidak hanya pada lingkungan habitat hewan dan tumbuhan itu tetapi juga kepada kita yang mengakibatkan adanya abrasi pantai.


  • DATA DIRI PENULIS
    • Nama          : Shintia Harisnah
    • Status          : Mahasiswa
    • Jurusan       : Ilmu Kelautan
    • Universitas : Universitas Maritim Raja Ali Haji
    • No Hp         : 082126724760
    • Email           : Shintiaharisnah@gmail.com