Mengungkap Fakta Kebiasaan Cara Makan Teripang Pasir dan Teripang Getah di Kota Batam

oleh -332 views
Dini Kartika, Universitas Maritim Raja Ali Haji

MAHASISWA Kelautan Umrah melakukan wawancara kepada masyarakat pembudidaya Teripang Pasir dikawasan perairan Pulau Karas tentang kebiasaan makan Teripang Pasir dan Teripang Getah.

Pulau Karas yang berada di kawasan administrasi Kelurahan Karas memiliki wilayah daratan dan lautan dengan luas 70,7 km2. Mayoritas penduduk Pulau Karas bekerja sebagai nelayan. Pekerjaan ini dilakukan oleh penduduk (laki-laki) dari berbagai usia, terutama karena sangat terbatasnya lapangan pekerjaan yang lain.

Sebagai wilayah yang dikelilingi oleh lautan, Pulau Karas memiliki kekayaan sumberdaya laut yang besar dengan beragam jenis sumberdaya salah satunya yaitu Teripang.

Teripang Pasir (Holothuria Scabra) mempunyai bentuk badan yang bulat dengan panjang sekitar 30 cm. Teripang ini hidup sendiri-sendiri diantara karang dan bagian dasarnya berupa pasir halus.

Teripang Getah (Holothuria Vagabunda) berbentuk bulat panjang, panjang badannya antara 20-30 cm. Warna badan hitam dan di bagian mulutnya terdapat rumbai-rumbai pendek menyerupai kembang kol. Teripang Getah hidup diantara batu karang, lamun dan bagian dasar pasir halus.

Cara makan Teripang dibagi dua yaitu pemakan deposit dan suspense dengan sumber makanan kandungan bahan organik, detritus, dan plankton. Kebanyakan Teripang aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari Teripang hanya berlindung membenamkan diri dalam pasir.



Umumnya makanan utama Teripang jenis Holothuria yang hidup di daerah tropis adalah detritus dan kandungan bahan organik dalam pasir sedangkan plankton, bakteri, dan biota mikroskopis lainnya sebagai makanan pelengkap. Substrat berpasir cenderung memiliki bahan organik yang sedikit dibandingkan dengan pasir halus.

Analisis makanan Teripang Pasir 85% berupa lumpur, pasir 3,52%, pecahan karang 0,12%, detritus 1,46%, dan 65,47% didominasi oleh plankton kelompok diatom. (ungkap Pak Kahar dalam wawancara). Nilai persentase konsumsi makanan kelompok diatom untuk Teripang Getah sebesar 64,89%, butiran pasir 8,31%, serat tumbuhan 0,15%, dan detritus 0.49%.


  • DATA DIRI PENULIS

    • Nama : Dini Kartika
    • Tempat Tanggal Lahir : Karas, 4 September 2001
    • Kecamatan : Galang
    • Kota : Batam
    • Mahasiswa : UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
    • Jurusan : Ilmu Kelautan