UKM Berbasis Bioteknologi Kelautan Perikanan Variasi Pengolahan Teripang di Kepri

oleh -391 views
Diah Alviana, Universitas Maritim Raja Ali Haji

DI KEPULAUAN Riau, Kabupaten Bintan terdapat sebuah edu-ecotourism bernama “Kampong Teripang”. Kampong Teripang berlokasi di Jalan Betuah, Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia. Kampong Teripang memiliki banyak variasi produk yang bahan baku utamanya dari Teripang.

Teripang adalah nama hewan laut yang biasa disebut dengan Timun Laut karena bentuk tubuh yang menyerupai tumbuhan ketimun, dan biasanya disebut gamat oleh masyarakat sekitar.

Komisaris Kampong Teripang, Yogi Ari mengatakan kehadiran Kampong Teripang merupakan edu-ecotourism berbasis kelautan dan perikanan yang menjadi ikon baru Kabupaten Bintan dan pertama di dunia.

“Kita bangun disini sebagai bukti kepada negara luar bahwa di Indonesia tepatnya di Bintan punya rumah produksi protein ikan dan kolagen teripang. Yang kesemua bahan baku kita dapatkan bukan sekedar mengeksploitasi, tapi juga membudidayakannya agar keberadaannya di alam bebas tetap terjaga,” terang Yogi.

Menurut Yogi, Kampong Teripang punya banyak produk dari teripang dan protein ikan yang dibuat sendiri. Misalnya kolagen, serum wajah, biskuit dan juga makanan dan minuman yang kita sajikan di Longdrip.

Beberapa Varian Produk yang diproduksi oleh Kampong Teripang sebagai berikut :

Fit Sea



Fit sea merupakan suplemen alami yang mengandung glukosamine, chondroitin, dan kolagen dari teripang yang dapat mengobati penyakit sakit pada tulang dan penyakit sendi lainnya. Fitsea dibandrol dengan harga Rp 345.000,00 Produk ini diklaim mampu mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit, melindungi ligamen pada tulang, serta membantu dan mencegah osteoartritis dan osteoporosis.

Seacume Serum

Serum Seacume adalah serum anti-penuaan untuk menjaga kulit anda tetap basah dan sehat, serum ini mengandung Hydrolyzed kolagen yang telah dipatenkan Sticol yang terbuat dari Teripang yang berfungsi untuk menyamarkan garis halus dan bintik hitam, menjaga kelnturan kulit dan mencerahkan kulit. Serum ini dibandrol dengan harga Rp 350.000,00.

Seacume Jelly Colagen

Seacume Jelly Colagen adalah minuman kolagen kecantikan dari kolagen hidroliken murni Teripang dengan rasa blueberry. Kolagen ini cocok diminum setiap saat pagi sebelum atau setelah sarapan, karena dikemas dalam bentuk sachet juga mudah untuk dibawa ketika berpergian. Seacume Jelly Colagen dibandrol dengan harga Rp. 350.000,00/box yang berisi 30 sachet.

Sticol Serum

Serum Sticol adalah serum anti-jerawat yang mampu meminimalkan dan menyembuhkan jerawat di kulit. Serum ini dikombinasikan dengan hilomarine untuk menjaga kulit selalu terhidrasi dan sehat. Serum ini dibandrol dengan harga Rp 200.000,00.

Sticol Massage Oil

Sticol minyak pijat terbuat dari kolagen peptida mentimun laut yang disebut dengan Sticol. Memiliki manfaat sebagai penghilang luka dan anda dapat menggunakan ini untuk minyak pijat. Minyak pijat ini dibandrol dengan harga Rp 125.000,00.

Longdrip Chocolate Bar

Cokelat yang kaya akan kolagen hidrodized ini dibandrol dengan harga Rp. 50.000,00.

Forayya is Gluten – Free Cookies

Forayya adalah kue kering yang bebas gluten yang mengandung protein, gandum, susu, ragi, kacang dan bahan tambahan lainnya. Sagu yang digunakan adalah sagu pilihan dari Papua-Indonesia. Forraya dibandrol dengan harga Rp 15.000,00. Selain harga nya yang murah juga mengandung sensai rasa yang lezat.

Forayya Protein Glutamate

Forraya Glutamate Protein adalah bumbu alami tanpa Monosodium Glutamat (MSG) tetapi tinggi protein dari ikan, mengandung 27 gr glutamat alami, ikan protein hidrolisat, EPA, dan DHA bebas dari pengawet buatan dan tanpa tambahan aroma buatan. Dibandrol dengan harga Rp 50.000,00 perbotol.

Kampong Teripang memiliki tujuan besar dan dampak yang sangat menguntungkan bagi perekonomian serta sektor kemasyarakatan. Seperti perkembangan ekonomi kreatif, kesempatan kerja, peningkatan kualitas keterampilan dan pengembangan sosial ekonomi.

Untuk info lebih lanjut mengenai Kampong Teripang dapat dilihat di website resmi https://kampongteripang.com.


  • Penulis : Diah Alviana
  • Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji