Pererat Silaturahmi Melalui Gotong Royong Hasilkan Kebersihan

oleh -378 views
Ketua-RT-001-RW-004-Buhari-Muslim-memimpin-warganya-melakukan-gotong-royong

ANAMBAS (KP),- Gotong royong bukan hal baru khususnya bagi warga Jalan Diponegoro Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Provinsi Kepri.

Sebagaimanan disampaikan Ketua RT 001 RW 004, Buhari Muslim kepada koranperbatasan.com. Lelaki yang akrab disapa Yek oleh warga Jalan Diponegoro tersebut mengatakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama tersebut bertujuan untuk menghindari wabah malaria.

“Jika lingkungan kita mulai tidak bersih, maka kita ajak warga secara sigap melakukan gotong royong membersihkan sampah yang ada di tepi jalan, halaman rumah, dan sejumlah tempat yang bisa menyebabkan air tergenang. Air ini memudahkan bagi  nyamuk berkembang biak,” terangnya kepada wartawan di lokasi berlangsung gotong royong, Minggu 26 Januari 2020.

Kata Yek, gotong royong didaerahnya sudah menjadi kegiatan rutin sebagai warga peduli akan kebersihan lingkungan. “Kita selalu bersama-sama memelihara lingkungan disini, agar tetap terjaga,” ujarnya.

Menurutnya, warga melakukan pembersihan lingkungan menggunakan berbagai peralatan. Mulai dari sapu lidi, parang, cangkul, sekop dan arco dibawa oleh masing-masing warga sebagai menunjang kerja. Tidak sampai tiga jam, halaman rumah warga terlihat bersih dari sampah dedaunan maupun plastik.



“Selain membersihkan lingkungan, gotong royong ini adalah cara kami bersilahturrahmi dan mencintai lingkungan. Minimal lingkungan RT ini. Melalui gotong royong ini, diharapakan lingkungan akan tetap terjaga dan terpelihara,” pungkasnya. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra



Memuat...