Pimpin Upacara HUT TNI Ke-74, Kasdim 0403/OKU Bacakan Amanat Panglima TNI

oleh -67 views
Kasdim-0403-OKU-Mayor-Inf-Sukriyanto-yang-bertindak-Irup-melakukan-Inspeksi-Pasukan-pada-saat-Upacara-Peringatan-HUT-TNI-Ke-74-di-Lapangan-Kodim-0403-OKU

BATURAJA (KP), – Bertempat di Lapangan Kodim 0403/OKU, peringatan HUT TNI yang Ke-74 digelar, Sabtu (5/10/2019). Adapun tema dalam peringatan hari jadi TNI Ke-74 tahun ini ialah ”TNI PROFESIONAL KEBANGGAAN RAKYAT”. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0403/OKU Mayor Inf Sukriyanto, S. Ip, Kaminvetcad Mayor Inf Sumarto, Dantepbek Mayor Cba Lendra Karsito Rettob, Wadan Dodik Mayor Inf Rusli Siregar, Wakarumkit Kapten Ckm Shobar Hayat, S. Sos, M. Kes, Dansubdenpom Kapten Cpm Gatot, Para Pasi Dim 0403/OKU, Para Danramil Jajaran Dim 0403/OKU, serta Para Perwira Jajaran BalakDim 0403/OKU.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Kasdim 0403/OKU Mayor Inf Sukriyanto S. Ip PA UP, Pasi Pers Kapten Arm Suhendra, selaku Komandan Upacara, Kapten Inf Komari, pengucap Sapta Marga, Sertu Suprianto, pembawa acara Sertu (K) Bella Sinaga. Upacara diikuti oleh satu Pok Kabalak Jajaran Kodim 0403/OKU, satu SSK Anggota Kodim 0403/OKU, satu SSK gabungan Anggota Balak Jajaran Kodim 0403/OKU, Yon Armed 15 dan Dodiklatpur Rindam II Sriwijaya, satu SSK gabungan PNS Jajaran Kodim 0403/OKU, serta Korsik SMA Taruna.

Adapun Amanat Panglima TNI pada Upacara HUT TNI Ke-74 tahun 2019 yang dibacakan oleh Irup Kasdim 0403/OKU Mayor Inf Sukriyanto, S. Ip, ialah mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita para anggota dapat hadir dalam upacara HUT TNI Ke-74 Tahun 2019. Selamat Hari Ulang Tahun kepada seluruh keluarga besar TNI dimana pun berada, semoga kita diberikan perlindungan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas. Pada kesempatan ini kami Keluarga Besar TNI khususnya mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya pada peristiwa yang terjadi di wilayah Papua.

Melihat tingginya pengaruh Sosial Media (Sosmed) saat ini, TNI telah membentuk Tim Cyber guna mengurangi besarnya pengaruh Sosmed terutama masalah hoax. Menghadapi kompleksitas ancaman di atas maka diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

Dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu mulai dari tahun 2018 hingga 2019, yaitu: Infanteri-3, Divisi Pembentukan Kostrad, Koarmada II, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018 guna menghadapi trouble spot di wilayah Indonesia bagian Timur. Pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai Pangkalan Aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah Utara Indonesia, Komando Operasi Pembentukan Khusus (Koopssus) TNI pada 30 Juli 2019 guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI dan Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) pada tanggal 27 September 2019.

Hal hal yang dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut, Pertama, perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri, TNI tingkatkan soliditas. Kedua, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang kian kompleks. Keempat, sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif. Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini. (KP).


Editor : Muhammad Faisal

Pewarta : Syahril