Pjs Bupati OKU Tinjau Jembatan Putus di Desa Lubuk Batang Lama

oleh -159 views
Pjs-Bupati-Kabupaten-OKU-M.-Zaki-Aslam-S.IP-M.Si-saat-melakukan-peninjauan-jembatan-putus-di-Desa-Desa-Lubuk-Batang-Lama

OKU (KP),- Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten OKU M. Zaki Aslam, S.IP, M.Si meninjau Jembatan Putus dan Pembuatan Jembatan Alternatif di Desa Lubuk Batang Lama, Kecamatan Lubuk Batang, Rabu, 28 Oktober 2020.

Pada kesempatan tersebut, Zaki Aslam mengatakan dengan melakukan peninjauan langsung akan lebih mudah mencari langkah dalam melakukan penanganan terhadap warga yang terdampak akibat jembatan putus itu. “Pada hari ini saya meninjau langsung ke lokasi untuk mengambil langkah terbaik bagi masyarakat terdampak bencana,“ katanya.

Zaki Aslam mengakui bahwa ia mendapatkan laporan terkait jembatan putus tersebut, saat sedang berada di Jakarta. “Saya mendapat laporan jembatan putus pada hari senin yang lalu, saat saya melaksanakan dinas luar ke Jakarta. Saya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Provinsi Sumsel dan PUPR Kabupaten OKU untuk mengambil solusi penanganan terbaik,” ujarnya.

Zaki Aslam juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mengambil langkah yang tepat dalam penanganan pasca adanya jembatan putus tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sekitar dan semua pihak yang telah mengambil langkah tepat pasca jembatan putus tersebut. Pihak Dinas PUBMTR Provinsi Sumsel, PUPR Kabupaten OKU bersama DPRD OKU, BPBD, Muspika, Perangkat Desa, BPD dan masyarakat setempat dengan membuat jalur alternatif dan jembatan darurat,” ucapnya.

Dengan dibangunnya jembatan darurat tersebut, agar transportasi warga terus  berjalan, terutama bagi kendaraan motor dan mobil pribadi. Pembuatan jalan dilakukan secara bergotong royong sesama masyarakat dengan melibatkan berbagai pihak. “Dengan begini bukan hanya warga yang bisa melintas, tetapi juga kendaraan motor dan mobil pribadi. Ini jalan terbaik untuk transportasi sambil menunggu perbaikan jembatan permanen yang membutuh waktu cukup lama,” imbuhnya.

“Adapun Jembatan Air Raman, Desa Lubuk Batang Lama yang putus ini akan dibangun jembatan sementara berupa jembatan bailey (rangka baja) oleh Dinas PUBMTR  Provinsi Sumsel. Namun sambil menunggu jembatan bailey tersebut selesai dibangun, untuk sementara dialihkan menggunakan jembatan alternatif di Jalan Lingkar Desa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lubuk Batang Lama, Jus Imani mengucapkan terima kasih kepada Pjs Bupati OKU atas responnya yang begitu cepat, sehingga kendala yang dihadapi masyarakat dapat teratasi dengan baik.



Setelah melakukan peninjauan di Desa Lubuk Batang Lama, kegiatan Pjs Bupati OKU dilanjutkan dengan meninjau lokasi tanah longsor di Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur yang tergerus arus sungai akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari ini.

Turut hadir mendampingi Pjs Bupati OKU dalam peninjauan tersebut, Asisten II, BPBD, Dishub, PUPR, PU Perkim, Dinsos, Kabag Prokopim, Camat Lubuk batang dan Kapolsek lubuk Batang, Kades dan tokoh masyarakat. (KP).


Laporan : Syahril

Editor : Rid



Memuat...