Polisi Masa Depan, Lebih Profesional Dengan Peralatan Tugas Modern

oleh -95 views
Komisioner-Kompolnas-RI-yang-juga-pemerhati-teknologi-kepolisian-Dede-Farhan-Aulawi

BANDUNG (KP), – Zaman terus berubah dan waktu pun terus bergulir. Dinamika perubahan zaman ini berdampak pada perubahan tatanan peradaban, dimana transparansi, kebenaran dan keadilan menjadi isu sentral. Persoalannya kemudian, bagaimana teknologi bisa turut andil untuk memenuhi harapan tersebut?

Pada kesempatan ini, media berhasil menghubungi Pemerhati Teknologi Kepolisian yang juga Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi. Dede menyampaikan bahwa salah satu produk teknologi yang bisa menemani tuntutan transparansi diantaranya adalah pemasangan camera di badan atau biasa disebut dengan Body Cams. Pemasangan kamera tubuh ini akan berdampak pada beberapa hal, diantaranya pengurangan keluhan terhadap tindakan polisi.

Sebuah studi dari University of Cambridge menemukan bahwa penggunaan kamera yang dikenakan di tubuh membuat keluhan terhadap polisi hampir benar-benar hilang. Ini adalah hasil penelitian selama setahun terhadap hampir 2.000 petugas di Inggris dan Amerika Serikat dan hasil studi ini menemukan bahwa keluhan terhadap aparat kepolisian oleh publik turun sebesar 93 persen. Ini terjadi karena prinsip psikologis yang dikenal sebagai “Efek Pengamat (Observer Effect)”. Sederhana saja prinsipnya, yaitu perilaku orang berubah ketika mereka tahu mereka sedang direkam.

Disamping itu, dampak lainnya adalah pengurangan penggunaan kekuatan oleh polisi. Salah satu studi di Rialto California, menemukan bahwa penggunaan kekuatan oleh polisi turun 50% ketika petugas mengenakan kamera. Petugas dan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka cenderung lebih berhati-hati dan kecil kemungkinannya untuk mengambil tindakan menyerang, melawan atau anarkis karena semua tindakan bisa langsung terdokumentasikan dan menjadi fakta–fakta hukum. “Hal ini tentu akan berimplikasi juga pada penurunan biaya operasional dalam kegiatan peyelidikan atau penyidikan,” ujar Dede.

Selanjutnya kamera tubuh akan merekam setiap kegiatan dan tindakan kepolisian ketika melakukan patroli atau melaksanakan tugas lainnya. Karena semua terekam dalam metadata yang sangat besar, dengan demikian akan membantu pencarian kebenaran atas suatu kejadian. Jadi Body Cams ini sangat membantu dalam menguak fakta secara transparan dalam mencari kebenaran guna memenuhi rasa keadilan.

Ada banyak permasalahan sosial yang timbul sebagai dampak dari tidak terpenuhinya rasa keadilan (Feeling in justice). Oleh karena itu polisi masa depan adalah polisi profesional yang dilengkapi dengan peralatan modern sesuai dengan tuntutan zaman. “Alokasi anggaran untuk kepolisian juga harus berorientasi pada pemenuhan kebutuhan objektif sesuai dengan ruang lingkup tugas dan tanggung jawabnya,” pungkas Dede mengakhiri perbincangan. (KP).


Laporan Redaktur