Prioritas Kehidupan Penyu Dalam Pengembangan Keanekaragaman Hayati Laut di Perairan Indonesia

oleh -271 views
Dwi-Tirta-Rianova-Mahasiswa-Jurusan-Ilmu-Kelautan-Fakultas-Ilmu-Kelautan-dan-Perikanan-Universitas-Maritim-Raja-Ali-Haji

Indonesia memiliki status sebagai negara pemilik keanekaragaman hayati laut yang terbanyak di dunia, salah satunya  yaitu spesies laut adalah Penyu. Ada 7 spesies penyu di dunia dan ada 6 spesies diantaranya di Indonesia. Perlu diketahui, 6 spesies yang ada di Indonesia yaitu penyu hijau (Chelonian mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbicate), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu pipih (Natator depressus).

Penyu merupakan kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia, salah satunya di Indonesia. Penyu memiliki sepasang  tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya gerakan berenang di dalam air. Penyu bernapas dengan menggunakan paru-paru,  sesekali hewan ini naik kepermukaan air untuk bernapas. Penyu umumnya berimigrasi dengan jarak yang cukup jauh seperti dari jarak 3.000 kilometer dapat ditempuhnya selama 58-73 hari.

Dalam masa siklus hidupnya penyu membutuhkan 4 tipe habitat seperti pantai, kawasan pelagis sampai lepas pantai dan lautan luas, kawasan pecan (feeding ground) disekitar  pantai, dan pada kawasan perairan sekitar pantai peneluran. Penyu mengahabiskan 99.9% hidupnya di laut, hanya saja penyu betina yang bertelur naik kedaratan pantai. Siklus bertelurnya penyu beragam, dari 2-8 tahun sekali. Penyu betina menyukai menyukai pantai yang berpasir dan bercahaya sebagai tempat untu bertelur yang berjumlah sangat banyak. Gangguan cahaya atau suara dapat membuat penyu betina kembali ke laut dan tidak jadi untuk bertelur.

Penyu termasuk jenis hewan yang dilindungi oleh undang-undang nasional maupun internasional karena akan punah. Penyu juga merupakan target konservasi, karena keberadaan penyu saat ini langka. Konservasi  penyu harus di prioritaskan karena binatang itu milik dunia. (KP).


Penulis : Dwi Tirta Rianova

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji





Memuat...