Rapat Konsolidasi Pengelolaan dan Pengiriman Sampah, Hasilkan Tiga Poin Kesepakatan

oleh -153 views
Rapat-Konsolidasi-Pengelolaan-Pengiriman-Sampah-berlangsung

BANJARBARU (KP),- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, beserta pihak TPAS Regional Banjarbakula dan perwakilan kabupaten/kota, yang ikut mengirim sampah di TPAS Regional Banjarbakula, adakan Rapat Konsolidasi Pengelolaan Pengiriman Sampah, pada Jumat, 26 Juni 2020.

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana., ST, MT. Adapun perwakilan kelima kabupaten/kota, yang hadir dan mengirimkan sampahnya, ke TPAS Regional Banjarbakula, yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.

Adapun hasil dari pertemuan, yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, beserta pihak TPAS Regional Banjarbakula dan perwakilan kabupaten/kota, didapatkan beberapa poin kesepakatan.

Pertama, proses pengiriman sampah oleh armada pengangkut, harus mengikuti ketentuan-ketentuan. Sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan dan masyarakat.  Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh armada pengangkut antara lain, bak pengangkut harus dilengkapi dengan penutup, untuk menghindari tercecernya sampah, tidak bocor, sehingga tidak ada ceceran dan bau serta kapasitas angkut, tidak melebihi batas kapasitas angkutan.

Kedua, Jenis sampah yang masuk hanya sampah residu seperti, sisa makanan, tisu basah, daun pisang, ranting dengan diameter 2 cm dan panjang 50 cm, sampah sayuran, buah-buahan, tekstil, kertas dan popok bayi/pembalut. Sedangkan sampah yang tidak diperbolehkan seperti, bekas kaleng sprayer insektisida, botol kaca, oli bekas, sampah medis, elektronik, perlengkapan rumah tangga dan  sejenisnya.

Pada poin kesepakatan yang terakhir yaitu mengenai, waktu operasional TPAS Regional Banjarbakula. Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan, dalam berita acara yang ditandatangani oleh perwakilan setiap pihak yang hadir. (KP).


Laporan : Adam Subayu



Editor : Riduan


 


Memuat...