Peranan Muhammadiyah Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

oleh -151 views
Reni Trianasari, Mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Malang

PERANAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI NATUNA

OLEH: RENI TRIANASARI

MAHASISWA PROGRAM MAGISTER ILMU HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG


MUHAMMADIYAH merupakan Organisasi yang bergerak dalam bidang sosial-kemasyarakatan dan bercirikan Islam. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menjalani kebutuhan-kebutuhan hidupnya.

Sejak awal berdirinya organisasi ini telah dikonsentrasikan pada gerakan Islam secara substansial dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang mengandung arti luas yakni mengajak manusia untuk beragama Islam, meluruskan keIslaman kaum muslim, serta meningkatkan kualitas kehidupan mereka baik secara intelektual, sosial dan ekonomi.

Peran Muhammadiyah dalam memberikan pencerahan terhadap umat pun sudah tidak perlu diperdebatkan lagi dan sudah  tampak  sejak awal pendiriannya,  di mana Muhammadiyah metitikberatkan perannya pada  semua  aspek  kehidupan  sosial melalui  usaha dakwah  tabligh, pengajian, pembinaan  keluarga  muslim  dan pendidikan.  hal  ini  ditunjukkan  dengan telah  berdirinya  sekolah-sekolah Muhammadiyah  yang  merupakan wahana untuk  memajukan  bangsa.

Muhammadiyah sangat berperan penting dalam pendidikan khususnya pada masyarakat Kabupaten Natuna. Contohnya pada sekolah tinggi yang berada di Kota Batam tepatnya di Batu Aji, yaitu Ma’had Said Bin Zaid Batam, Perguruan Tinggi yang berjurusan Studi Islam  Bahasa Arab tersebut sangat membantu sekali di bidang pendidikan  tidak terkecuali untuk masyarakat Natuna yaitu adanya bantuan biaya seluruh fasilitas pendidikan mulai bangunan perguruan tinggi, asrama, buku-buku mahasiswa hingga uang bulanan sebesar Rp.400.000 per mahasiswa.



Tentu saja dengan adanya peran Muhammadiyah ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Natuna yang kurang mampu yang berada di pulau-pulau terpencil dengan perekonomian yang sangat lemah. Dan sudah terbukti sampai sa’at ini telah banyak anak Natuna yang menjadi alumni di perguruan tinggi tersebut walaupun mereka tergolong sangat tidak mampu.

Perjuangan Muhammadiyah untuk Masyarakat, H.Nasoha seorang tokoh muhammadiyah sangat berperan di bidang Pendidikan dan kesehatan apalagi di masa pandemi Covid-19. Muhammadiyah adalah gerakan Islam  yang seluruh usahanya ditujukan untuk kemajuan umat. Muhammadiyah menggunakan dana operasionalnya tersendiri bukan dari pemerintah, kalaupun ada pemerintah mau membantu tidak menolaknya karna muhammadiyah ingin bersama pemerintah memajukan masyarakat Natuna.

Walaupun dana tidak begitu besar, tetapi bentuk kepedulian dari Muhammadiyah sangat besar. Karena itu strategi dan pola berfikir yang harus dikembangkan secara pelan-pelan tapi pasti  seperti adanya iuran, seperti zakat dan lain sebagainya. Inilah bukti bahwa Muhammadiyah ikut “berkeringat” dalam usaha-usaha mewudkan kehidupan bangsa yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat. Pemuda Natuna harus lebih aktif lagi bergerak, berkreasi dan berkarya. Semoga usaha ini memberi warna baru ragam pergerakan pemuda yang ada di Natuna.

Pemuda Muhammadiyah merupakan badan otonom di bawah organisasi Perserikatan Muhammadiyah yang bergerak dan program-programnya dilakukan oleh para pemuda. Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah ini berada di Jakarta dan tersebar di seluruh wilayah provinsi di Indonesia, termasuk di daerah Kabupaten Natuna. Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Natuna ini sudah ada sejak tahun 2000-an.

Gerakan Muhammadiyah dan perjuangannya mempunyai gagasan atau suatu tujuan untuk menyebarkan agama Islam dan memperbaharui tentang pola pikir dan cara hidup umat Islam modern, yang akhirnya berpengaruh sehingga dapat membangkitkan semangat berjuang umat Islam di Indonesia. Oleh karena itu pola pikir dan cara hidup umat Islam yang telah diperbaharui itulah yang disebut dengan kebangkitan umat islam atau modernisme Islam.

Perjuangan Muhammadiyah untuk Kebangkitan Islam di Indonesia mempunyai argumentasi antara lain; bahwa organisasi Muhammadiyah merupakan organisasi keagamaan yang berkembang pesat di Indonesia, selain itu organisasi itu banyak mewarnai perjalanan sejarah perkembangan dunia Islam Internasional, sangat besar jasa-jasanya terhadap pembangunan Indonesia terutama di bidang Sosial, Pendidikan dan Keagamaan. (***).


Penulis : Reni Trianasari