Salurkan BLT Tahap Pertama, Kades Himbau Penerima Gunakan Bantuan Dengan Baik

oleh -622 views
Irwan-Kades-Cemaga-Utara-Kecamatan-Bunguran-Selatan

CEMAGA (KP),- Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, dua hari lalu, Selasa, 19 Mei 2020 telah menjalankan amanah yang diminta oleh Pemerintah Pusat dengan baik. Amanah negara itu berupa penyaluran program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Menurut Kades Cemaga Utara, Irwan, pembagian BLT di daerahnya berlangsung di Gedung Serbaguna dihadiri oleh Camat Bunguran Selatan, BPMPD Kabupaten Natuna, para Pendamping Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD serta tokoh masyarakat yang ada di Desa Cemaga Utara.

“Kita punya dua anggaran, pertama dari pusat, kedua dari Dana Desa (DD). Memang diwajibkan oleh pemerintah mengkensel beberapa pembangunan. Kita alihkan untuk Covid-19. Dari dana pusat penerima sebanyak 60 KK, sedangkan dari DD, 97 KK,” kata Irwan, kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya.

Dijelaskan Irwan, bantuan tersebut hanya diberikan per KK kepada mereka yang masuk dalam kategori layak menerima. “Kita memberikannya per KK, bukan perorang. Setiap KK uang yang diberikan sebesar Rp600 ribu. Sedangkan lama program BLT ini tiga bulan. Jadi pembagian hari ini merupakan tahap pertama,” ujarnya.

Irwan menyebutkan, pembagian BLT yang berlangsung di daerahnya sudah mengikuti protokelr kesehatan. “Berhubung kita tidak boleh mengumpulkan orang dalam jumlah yang banyak, dan waktu terlalu lama, maka sistem pembagainnya saya buat perdua RT. Contohnya jam 08.30 RT 01 dan RT 02, jam 09.30 RT 03 dan RT 04, jam 10.30 RT berikutnya lagi. Jadi itu, sistem yang kita buat guna menghindari orang ngumpul terlalu lama,” terangnya.



Dalam hal ini, Irwan mengakui bahwa pendataan penerima menjadi salah satu kendala yang dihadapinya. “Kendalanya, data yang telah kita buat dan kita terima dari RT terus kita antar ke kecamatan, nanti kecamatan memverifikasi. Kemudian dari kecamatan diantar ke BPMPD. Nah, ketika diverifikasi di BPMPD ternyata tidak sesuai, data tersebut kemudian dikembalikan ke desa lagi untuk kita lakukan pendataan ulang,” tuturnya.

Sebagai Kades, Irwan berharap masyarakat bisa memanfaatkan dan menggunakan bantuan tersebut dengan baik. “Uang yang telah diberikan oleh pemerintah ini gunakanlah sebaik mungkin, untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari selama Pandemi Covid-19. Saya juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu bersukur kepada Allah SWT atas bantuan-bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah. Mari bersama-sama kita mengambil hikmah dari Covid-19 ini,” imbuhnya. (KP).


 Laporan : Riduan/Sandi


 


Memuat...