Sempena Peringatan Hari Ibu ke-92, Dinas P3AP2KB Natuna Adakan Webinar

oleh -333 views

NATUNA (KP),- Sempena dengan rangkaian peringatan Hari Ibu ke-92, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Kabupaten Natuna mengadakan webinar dengan tema “Peran Forum Anak Daerah Sebagai Pelopor Menuju Kabupaten Natuna Menjadi Kabupaten Layak Anak”, Senin 14 Desemeber 2020.

Adapun narasumber dalam webinar tersebut diantaranya, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna, Dr.Rika Azmi,S.TP,MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna, Boy Wijarnako Varianto SE, Ketua Forum Anak Kabupaten Natuna, Firma Afta Ghyfari dan Pengajar Muda XIX, Kabupaten Natuna, Allam Herlambang.

Dalam sambutan pembukanya, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna, Dr.Rika Azmi,S.TP,MM, menyampaikan kegiatan Webinar ini sebagai bentuk penguatan kepada seluruh desa, kelurahan dan kecamatan se-Kabupaten Natuna dengan 91 forum anak yang telah terbentuk agar dapat menjalankan fungsinya sebagai pelopor, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan perlindungan terhadap hak-hak anak.

“Kepada kepala desa, lurah dan camat agar dapat mengikut sertakan perwakilan forum anak pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan Musrenbang kecamatan tahun 2021, sehingga hak anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan dapat direalisasikan,” ujarnya.

Ia juga berharap agar forum anak yang sudah terbentuk, bisa merumuskan program kerja dalam musrenbang baik di tingkat desa maupun kecamatan, sehingga yang menjadi kebutuhan dasar bagi anak-anak bisa dilanjutkan ke tingkat kabupaten dan provinsi.

“Kami selalu mengarahkan kepada forum anak untuk menjadikan tiga isu prioritas seperti, isu lingkungan (pengolahan sampah), kampanye menghentikan pernikahan anak di usia dini serta kampanye stop merokok dikalangan anak-anak menjadi program kerja mereka kedepan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko Varianto SE, menyampaikan materi Arah Kebijakkan Dalam Strategi Upaya Penanganan Sampah di Kabupaten Natuna melalui Program Tangan Kecil Menata Lingkungan (Tacil Nalin), Millenial Peduli Sampah (Milih), Gerakan Masyarakat Peduli Sampah (Gemas pilih) dan Sistem Kelola Sampah,



Sedangkan Ketua Forum Anak Kabupaten Natuna, Firma Afta Ghyfari, dalam webinar tersebut lebih mengusulkan agar satu isu penting bisa dilakukan oleh forum anak yaitu penggunaan internet secara sehat. Serta Allam Herlambang sebagai Pengajar Muda XIX Kabupaten Natuna, menyampaikan materi tentang strategi dalam manajemen organisasi secara terstruktur dan dinamis. (KP).


Laporan : Boy



Memuat...