Beragam Jenis Makanan Pada Ikan Serta Kebiasaan Makan dan Cara Makan yang Unik

oleh -233 views
Qory Oktary

INDONESIA memiliki lautan atau perairan tawar yang sangat luas dan berpotensi untuk usaha budidaya berbagai macam jenis ikan di perairan tawar maupun akuakultur. Yang termasuk kedalam suatu perairan pada umumnya yaitu sungai, waduk dan rawa. Dengan ketersediaan sumberdaya perairan yang sangat luas dan sumberdaya yang melimpah merupakan salah satu modal utama untuk kita meningkatkan dan mengembangkan pembangunan perikanan, tepatnya yang berada di indonesia.

Begitu besar kekayaan alam yang kita miliki,c ontohnya ikan, jenis ikan yang ada di indonesia sangat tinggi dan beragam serta bermacam-macam jenisnya. Diperkirakan ada 8.500 jenis yang hidup di perairan indonesia yang merupakan 45% dari jumlah jenis global di dunia, dari jumlah tersebut diketahui ada sekitar 1.300 jenis ikan yang menempati di perairan tawar.

Akan tetapi kurangnya informasi serta pengetahuan kita tentang kekayaan jenis ikan yang ada di indonesia. Sehingga, hal tersebut masih tergolong rendah untuk pengetahuan kita akan kekayaan jenis ikan sehingga hal tersebut menjadi sebuah kendala untuk kita mengetahui bagaimana kebiasaan makan, cara makan dan jenis makanan ikan tersebut.

Ikan adalah termasuk salah satu hewan yang berdarah dingin dan tergolong ke dalam kelompok vertebrata, mengapa? Karena tempat tinggal  ikan yaitu hidup di air atau  suatu perairan sehingga suhu tubuh ikan tersebut di pengaruhi oleh lingkungan atau tempatnya beradaptasi atau biasa di sebut poikilotermal. Poikiloterml adalah hewan yang suhu tubuhnya kira-kira sama dengan suhu lingkungan yang berada di sekitarnya.

Kita ketahui bersama dari semua jenis ikan maupun spesies yang ada, kebiasaan makan, kebiasaan cara makan serta jenis makannyapun  pada setiap ikan itu berbeda-beda. Namun secara umum makanan ikan ialah berupa plankton, cacing, tumbuhan air, organisme benthos dan ikan serta organisme lainnya yang ukurannya lebih kecil dari tubuhnya sendiri.

Dan berdasarkan kebiasaan makannya ikan dapat digolongkan dalam jenis herbivora (Pemakan tumbuhan), karnivora (Pemakan daging) dan omnivora (Pemakan tumbuhan dan hewan). Kebiasaan makan pada ikan bisa di bagi berdasarkan tempat ikan tersebut berada contohnya :

  1. ikan yang berada didasar perairan domersal dimana ikan tersebut mencari makan di dasar perairan, contoh ikan lele dan patin.
  2. Ikan yang berada di lapisan tengah perairan dimana ikan tersebut mencari makan mengapung di tengah perairan tersebut, contoh ikan bawal.
  3. Ikan yang berada di permukaan perairan yaitu denga cara ikan tersebut berada di permukaan perairan, contoh ikan Nila dan Gurame.
  4. Ikan yang menempel yaitu dengan cara memakan bahan-bahan organik yang menempel pada suatu benda yang ada dalam perairan tersebut, contoh ikan Nilem.

Untuk kita mengetahui kebiasaan cara makan pada ikan yaitu bisa kita lihat dari kapan waktu dia makan, dimana tempat dia makan dan cara ikan tersebut mendapatkan makanan. Biasa cara ikan untuk mencari makan yaitu dengan menggunakan indra penglihatan (Mata), penciuman/bau (Hidung) dan persentuhan/perabaan (Sungut).



Untuk mencari makan yang menggunakan bau atau perabaan itu digunakan pada saat keadaan perairan tersebut kekurangan cahaya atau gelap dan perairan tersebut dalam keadaan keruh dan juga biasanya jenis ikan yang seperti ini ia mencari makan pada malam hari sehingga dengan kemampuannya tersebut dia menggunakan bau atau perabaan tersebut dengan mudahnya dia langsung memakan makanan yang berada di sekitarnya.

Berbeda hal nya dengan ikan yang mencari makan menggunakan penglihatan, ikan yang menggunakan mata dalam mencari makannya terlebih dahulu harus mengukur apakah makanan itu cocok atau muat untuk ukuran mulutnya. Dan jenis ikan ini aktif mencari makannya pada siang hari dan beristirahat pada malam hari.

Sedangkan untuk kita mengetahui jenis makanan pada ikan yaitu secara alami berupa plankton,baik itu zooplankton maupun fitoplankton, kelompok cacing, tumbuhan air, organisme benthos dan ikan maupun organisme lain yang berukuran lebih kecil dari nya. Berdasarkan macam-macam jenis makanannya, dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Euryphagic adalah jenis ikan yang makan bermacam-macam jenis makanan.
  2. Stenophagic adalah ikan yang macam makanannya sedikit dan sulit didapatkan atau jenis nya sangat sedikit.
  3. Monophagic adalah ikan pemakan yang makanannya hanya terdiri dari satu makanan saja artinya jenis ikan ini hanya memakan satu jenis ikan saja.

OLEH : QORY OKTARY

MAHASISWA UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN