Tahun 2021 Disnakertrans Natuna Akan Adakan 4 Program PBK

oleh -212 views
Raja Antoni, SE, Plt Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Natuna

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, H. Hussyaini, S.IP melalui Plt Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK), Raja Antoni, SE., mengatakan pada tahun 2021 akan mengadakan 4 program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

“Setiap 1 proram PBK itu pesertanya 16 orang, jadi jumlah keseluruhan sebanyak 64 orang,” sebut Raja menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Kamis, 7 Januari 2021.
Raja menyebutkan UPTD BLK Natuna merupakan wadah untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten terutama pada usia kerja produktif. “Tujuan diadakan PBK itu untuk meningkatkan kompetensi calon pencari kerja khususnya di Natuna,” kata Raja.

Adapun 4 program PBK itu lanjut Raja, pertama, Kejuruan Teknik Las (Pengelasan Smaw 3G) yang telah dibuka pendaftaran mulai dari sekarang hinga bulan Februari dan akan dilaksanakan pada bulan Februari s/d April. Kedua, Kejuruan Garmen Apparel (Asisten Pembuat Pakaian) dibuka pendaftaran pada bulan Mei dan akan dilaksanakan pada bulan Juni s/d Juli.

Ketiga, Kejuruan Teknik Otomotif (Servis Sepeda Motor Konvensional) dibuka pendaftaran pada bulan Juli dan akan dilaksanakan pada bulan Agustus s/d September. Dan yang keempat, Kejuruan Teknik Listrik (Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana) dibuka pendaftaran pada bulan September dan akan dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November.

Adapun syarat-syarat pendaftaran yang harus dilengkapi diantaranya, laki-laki atau perempuan, fotokopi KTP atau KK 2 lembar, fotokopi ijazah terakhir 2 lembar, pas foto 3X4 pakaian kemeja putih 4 lembar, usia minimal 15 tahun, dan mengisi formulir dari penyelenggara.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan langkah-langkah sebagai berikut, buka website pelatihan.kemenrian.go.id lalu buat akun, lengkapi data profil, pilih lembaga pelatihan UPTD BLK Kabuaten Natuna, isi form online dan pilih program pelatihan, dan mengumpulkan syarat ke UPTD BLK Kabupaten Natuna.

“Jika ditemukan kendala saat mendaftar online bisa koordinasi langsung ke UPTD BLK Natuna atau menghubungi ke nomor 0813-6436-0222 (Raja), 0852-4577-3684 (Asril), 0813-7131-5787 (Isma). Bila peserta yang mendaftarkan diri melebihi kuota yang disediakan maka akan kita seleksi terlebih dahulu. Hasil dari seleksi tersebut menyesuaikan dengan bulan pendaftaran,” ujar Raja.



Selama mengikuti PBK disediakan fasilitas berupa biaya pelatihan gratis, makan siang, pakaian kerja, uang transfortasi lokal, modul pelatihan, alat tulis, asuransi selama mengikuti pelatihan, sertifikat Balai Latihan Kerja (BLK), dan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Lebih jauh Raja menuturkan UPTD BLK Natuna merupakan binaan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. “Kita merupakan binaan dari BLK Padang dan anggarannya dari sana, kita hanya menyiapkan peserta juga tempat pelaksanaan kegiatan tersebut,” tutur Raja.

Sebagai penutup Raja berharap bagi calon peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti PBK itu. “Selesai PBK bukan sekedar cari kerja namun bisa mandiri dengan membuka usaha sesuai dengan program yang diikuti,” tutup Raja. (KP).


Laporan : Johan



Memuat...