Tanjungpinang Siap Menghadapi New Normal ?

oleh -605 views
Fattia-Audina

PENERAPAN New Normal akan segera diterapakan dibeberapa wilayah di Indonesia. Himbauan kepada masyarakat terus dilakukan pemerintah agar penerapan New Normal di Indonesia dapat berjalan sesuai yang diinginkan dan tidak menimbulkan masalah – masalah baru dimasa Covid-19 ini.

Diterapkannnya New Normal tersebut oleh pemerintah bukan berarti masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan bebas namun masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol  kesehatan yang sudah di himbau  oleh pemerintah.

Tujuan diterapkannya new normal tadi ialah mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi. Namun dari perencanaan pemerintah tersebut tibul lah berbagai pertayaan dari berbagai kalangan. Apakah langkah pemerintah menerapkan New Normal tadi sudah tepat, dimana kasus positif Covid-19 terus meningkat di Indonesia.

Salah satu daerah yang akan menerapkan New Normal tersebut adalah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Namun untuk penerapan New Normal di Kepri tadi tidak semua wilayah bisa menerapkan New Normal tersebut. Daerah yang boleh menerapkan New Normal tersebut, ialah Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Natuna.

Untuk itu, dalam memberikan kesiapan kepada masyarakat yang akan menghadapi New Normal tersebut, tiga syarat menurut versi Epidemilogi UI yang dikutip dari CNNIndonesia.com ialah kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) menurun, kasus meninggal dunia menurun. Kalau konsisten menurun, baru bisa diterapkan New Normal.

Tersedianya layanan test corona baik mengguanakan rapid test maupun Polymerase chain reaction (PCR). Contact tracing juga harus terus dilakukan untuk melihat perkembangan kasus di berbgai wilayah, sehingga bisa memetakan zona merah dan hijau dari corona.

Akses pelayanan kesehatan yang memadai, termasuk kesediaan alat – alat kesehatan. Rumah sakit serta tenaga medis harus siap siaga mengahadapi kondisi New Normal, sebab akan ada pasien Covid – 19 dan ada pasien non Covid – 19.



Dari penjelasan diatas diharapkan masyarakat dapat mengikuti prosedur atau langkah – langkah yang telah ditetapkan agar pelaksanaan New Normal, khususnya di Kepri dapat berjalan sesuai yang diharapkan. (***).


Penulis : Fattia Audina

NIM : 190563201079

Prodi : Ilmu Administrasi Negara Universitas Maritim Raja Ali Haji


 


Memuat...