Tim PKK Bersama Kader Kesehatan Tanjung Jati Galakan TOGA

oleh -236 views

TANGGAMUS (KP),- Tim PKK Pokja Empat (4) bersama Kader Kesehatan Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus melaksanakan Gotong Royong menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tepatnya di depan Halaman Balai Pekon Setempat.

Saat dikonfirmasi Jum’at, 16 Oktober 2020 Sekdes Pekon Tanjung Jati, Rohadi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat membantu kebutuhan akan obat bagi masyarakat,” Tanaman obat keluarga ini bisa dijadikan sebagai obat pertolongan pertama bagi keluarga di saat dibutuhkan dan saat urgent,” katanya.

Rohadi juga menuturkan tanaman obat ini sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan lahan yang luas. “Tanaman obat keluarga tersebut sangat mudah tumbuh ketika ditanam di lahan-lahan yang ada di sekitar pemukiman warga, di pekarangan rumah, serta dapat dibudidayakan di tempat khusus seperti di pot-pot bunga,” tuturnya.

Adapun jenis tanaman obat keluarga yang digalakkan oleh Tim PKK Pokja 4  bersama Kader Kesehatan Pekon Tanjung Jati diantaranya, tanaman jahe, kunyit, temulawak, daun sirih, lidah buaya dan lainnya.

Menurut Rohadi, tanaman obat keluarga ini sangat bermanfaat dan perlu dikonsumsi disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, agar daya tahan tubuh semakin meningkat dalam melawan virus mematikan tersebut. “Tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan dimasa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini,” tandasnya.

“Dengan menggalakkan tanaman obat keluarga ini, bukan semata-semata karena sekarang sedang mewabahnya virus Corona atau Covid-19, akan tetapi juga dalam rangka Jum’at bersih. Tanaman obat keluarga sangat terbukti  mampu menyehatkan bagi warga yang membutuhkan,” tambahnya.

Setelah selesai kegiatan penanaman, dilanjutkan dengan kegiatan Pemotongan Tumpeng untuk mensyukuri atas ditunjuknya  Pekon Tanjung Jati sebagai salah satu Pekon Unggulan Binaan Wilayah Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus dan harapan kedepan Pekon Tanjung Jati menjadi Percontohan.



Turut hadir pada acara tersebut, Pj. Kepala Pekon Tanjung Jati, Zaidi Saputra, S.Kom, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan ,Masamah Yuliana, serta seluruh TP PKK Pokja 4 dan Kader Kesehatan Pekon Tanjung Jati. (KP).


Laporan : Arzal

Editor : Rid



Memuat...