Tingkatkan Minat Baca, Forum Relawan Literasi Datangi DPRD Tanggamus

oleh -514 views
Susana-audiensi-Forum-Relawan-Literasi-Tanggamus-dan-DPRD

TANGGAMUS (KP),- Forum Relawan Literasi Kabupaten Tanggamus  mendatangi Gedung DPRD Tanggamus dalam rangka audiensi. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, S.Sos, Wakil Ketua I, Irwandi Suralaga S.Ag, Wakil Ketua II, Tedi Kurniawan, SE, Wakil Ketua II,I Kurnain, S.IP, Ketua Bapemperda DPRD Tanggamus, Edy Yalismi, Anggota DPRD Tanggamus Buyung Zainuddin SE.

Penasehat Forum Relawan Literasi Tanggamus,  H. Akhmadi Sumaryanto saat sesi audensi menyampaikan bahwa kedatangan rombongan Forum Relawan Literasi didasari oleh harapan  agar ada tindaklanjut dari telah ditetapkannya Tanggamus sebagai Kabupaten Literasi.

Selain itu, berharap dukungan dan kerjasama dari pihak DPRD Kabupaten Tanggamus, diantaranya adalah berharap adanya payung hukum atau Perda yang mengatur tentang Literasi di Tanggamus. “Harapan terbesar kami mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan tanggungjawab seluruh elemen-elemen,” ujar Ahmadi Sumaryanto.

Zulizar, Ketua Forum Relawan Literasi Kabupaten Tanggamus sangat berterima kasih atas disambut baik  kedatangan rombongan ke Kantor DPRD Kabupaten Tanggamus dan berharap para wakil rakyat dapat mendukung kemajuan literasi di Kabupaten Tanggamus.

Sejalan dengan itu, Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Heri Agus Setiawan mengapresiasi kehadiran teman-teman dari Forum Relawan Literasi.  Kata Heri, DPRD mendukung dan mengapresiasi  Forum Relawan Literasi Tanggamus dalam segala keterbatasannya yang tetap berkeinginan memajukan literasi di Tanggamus.

Dimana lanjut Heri, saat ini anak-anak lebih banyak mengakses gadget dan media sosial dibandingkan dengan membaca buku pelajaran. Sehingga perlu ditumbuhkan minat baca bagi masyarakat di Tanggamus. Hal ini sejalan dengan telah ditetapkannya Kabupaten Tanggamus menjadi Kabupaten Literasi beberapa waktu lalu.



Heri, menambahkan Bepemperda DPRD Tanggamus akan segera membentuk Perda tentang literasi yang nantinya akan berisi tentang aturan yang mengharuskan setiap Pekon/Desa dan kantor mendukung literasi seperti menyediakan rumah baca, perpustakaan desa dan box donasi buku.

Nantinya DPRD akan menjadi percontohan dalam pengadaan box donasi buku sebagai bentuk partisipasi  dinas dan instansi di Tanggamus dalam memajukan literasi. Ketua Bapemperda DPRD Tanggamus, Edy Yalismi pada  audiensi tersebut ikut mengamini dan menyampaikan dukunganya serta akan segera merancang Perdanya dan berharap ada dukungan dari perpustakaan nasional.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Tanggamus, Irwandi Suralaga, S.Ag dalam kesempatan yang sama  menyatakan sangat mendukung serta berharap gerakan literasi ini harus berjalan dengan kompak serta melibatkan  berbagai element seperti sekolah, keluarga serta berkesinambungan dan memiliki konsep jelas.

Wakil Ketua III DPRD Tanggamus Kurnain, S.IP juga sependapat serta mengajak bersama-sama untuk mengawasi  implementasi Dana Desa yang dialokasikan untuk perpustakaan disetiap desa/pekon di wilayah Tanggamus.

Sedangkan Anggota DPRD Tanggamus, Buyung Zainuddin berharap Pemkab Tanggamus dapat mendukung kemajuan literasi dengan mengadakan lomba-lomba di bidang literasi seperti lomba menulis, membaca dan lomba-lomba lainnya demi meningkatkan SDM di Tanah Begawi Jejama ini. (KP).


Laporan : Arzal


 


Memuat...