Turunkan Inkamina Gantikan MV Anambas 5 yang “Tertidur”

oleh -233 views
Ekodesi-Kepala-Dinas-Perhubungan-dan-Lingkungan-Hidup-Kabupaten-Kepulauan-Anambas

ANAMBAS (KP),- Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Kadishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas), Ekodesi membenarkan bahwa Kapal Roro MV Anambas 5 yang bersandar di Pelabuhan Kampung Baru, Kecamatan Palmatak beberapa minggu terakhir tidak beroperasi seperti biasanya.

Sambil menikmati kopi di Terempak Beach Hotel, Kamis 23 Januari 2020, Ekodesi mengatakan untuk sementara waktu kapal tersebut tidak bisa mengangkut penumpang dari Pelabuhan Kampung Baru menuju Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah.



“Kita sudah datang kesana bertemu operator teknisinya, mereka  mejelaskan ada masalah pada mesin. Jadi tidak bisa hidup. Nah akhirnya kita ganti batrai dan juga quil kapalnya hidup dan bisa jalan. Tapi cuma beberapa hari saja,” ujar Ekodesi.

Kepada wartawan saat itu, Ekodesi menceritakan setelah kapal tersebut bisa beroperasi beberapa hari, mesinnya kembali bermasaalah mengeluarkan asap cukup banyak. “Tak lama operatornya melapor ke saya lagi, kondisi rusaknya. Kemudian saya tanyakan ada tidak mekanik yang bisa menyelesaikan kerusakan ini? Mereka bilang ada dua orang mekanik yang bisa memperbaiki, cuma butuh waktu,” terangnya.

Menurutnya, kerusakan kapal tersebut terjadi pada perut mesin. Mesin tersebut harus diganti. Sayangnya mekanik yang asli orang daerah ini perlu waktu untuk melihat kerusakan mesin, diketahui bahwa mereka biasanya hanya bisa memeperbaiki mesin jenis yamaha. Sedangkan mesin kapal tersebut bermerek hyundai.

“Tapi biasanya prinsip dasar mesin apapun itu mesinnya sama. Cara kerjanya pasti sama, saya bilang ke mereka tolong sajalah mungkin mirip-mirip lah itu mesinya. Yang penting kapal ini bisa jalan dan bisa melayani masyarakat,” tutur Ekodesi.

Berupaya untuk dapat membantu kelancaran transportasi masyarakat antar pulau, sebagai Kadishub LH Anambas, Ekodesi kemudian mencarikan kapal pengganti sementara yakni Inkamina. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra



Memuat...