Usik Suasana Lebaran, Deri : “Mudahan Tahun Depan Tak Ada Lagi Virus”

oleh -431 views
Deri-Pj.-Kepala-Desa-Pian-Tengah

PIAN TENGAH (KP),- Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat suasana Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah di Desa Pian Tengah, Kecamatan Bunguran Barat, berubah dibandingkan dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Perubahan itu, menurut Pj. Kepala Desa Pian Tengah, Deri, cukup terasa. “Sudah banyak berubah dikarenakan wabah Covid-19. Biasanya masyarakat yang buat lebaran perharinya mencapai 13 rumah. Pada lebaran tahun ini, hari pertama saja hanya 3 buah rumah yang buat,” ujar Deri, kepada koranperbatasan.com, Rabu 27 Mei 2020.

Kata Deri, tradisi budaya didaerahnya pada musim lebaran tidak sama dengan perkotaan. Mereka menerapkan budaya berbalas kunjungan. “Perlu saya sampaikan di desa kami dalam pelaksanaan lebaran menggunakan sistem kunjungan rumah ke rumah, atau  dari satu RT ke RT lainnya. Lebaran disini tidak seperti di kota yang hanya ke rumah saudara-saudara dekat saja. Kami berkunjung atau bergilir keseluruh rumah yang ada, biasanya 3-4 hari,” pungkasnya.

Menurut Deri, saat berhari raya, warganya tetap diminta mengikuti anjuran pemerintah. Karena itu, lebaran tahun ini tidak ada kegiatan khusus yang dapat mereka lakukan. “Insya Allah masyarakat yang melaksanakan lebaran sudah mengikuti protokol kesehatan dianjurkan oleh pemerintah, seperti sebelum masuk rumah harus mencuci tangan terlebih dahulu, menggunakan masker dan lain sebagainya,” tutur Deri.

Penerapan auturan terkait himbauan pemerintah katanya, telah disampaikan kepada masyarakat beberapa hari sebelum lebaran, melalui rumah ibadah. “Satu hari sebelum lebaran pemerintah desa melalui pengurus masjid sudah memberikan himbauan kepada masyarakat. Bahwasanya lebaran idul fitri tahun ini dilaksanakan sebagaimana mestinya, tetapi harus mengikuti protokol kesehatan yang telah diberikan pemerintah,” terangnya.

Melihat situasi lebaran tahun ini, Deri berharap virus mematikan itu segera berakhir, agar leberan tahun berikutnya kembali normal. “Harapan saya mudahan Covid-19 cepat berakhir. Lebaran yang akan datang tidak ada lagi virus, supaya kita dapat  melaksanakan lebaran secara meriah, seperti tahun-tahun sebelumnya,” imbuh Deri. (KP).


Laporan : Riduan




 


Memuat...