Wali Kota Tanjungpinang : “Al-Qur’an Harus Kita Amalkan”

oleh -185 views
Wali-Kota-Tanjungpinang-H-Syahrul-membuka-secara-resmi-MTQ-Tingkat-Kecamatan-Tanjungpinang-Barat

TANJUNGPINANG (KP),- Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2020 M/1441 H. Senin malam, di Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang 17 Februari 2020.

Dalam sambutannya H syahrul mengatakan, MTQ yang dilaksanakan setiap tahun ini, haruslah membumikan Al-Qur’an, didengungkan, digaungkan dan disemarakkan, dengan tujuan ahir untuk dapat mengamalkan isi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

“Seorang qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, mestinya mempunyai moral yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak qori dan qoriah, dalam menata kehidupan, bermasyarakat dan bersosialisasi para qoriah harus lebih unggul dibandingkan dengan yang lainya,” ujar Syahrul.

Ditambahkan H syahrul dirinya mempunyai harapan melalui MTQ yang telah membudaya, dapat mewujudkan masyarakat yang diidamkan. “Semua masyarakat, kalau sudah bisa mengamalkan kandungan Al-Qur’an otomatis ada satu perubahan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, harapan kita dengan MTQ kita semakin memahami hakekat hidup dan kehidupan,” terangnya.

Ditempat yang sama Camat Tanjungpinang Barat, Muhammad Yatim dalam laporannya mengatakan, tujuan dari MTQ kali ini adalah untuk meningkatkan partisipasi umat Islam dalam membentuk masyarakat madani, menetapkan dan mencari perwakilan Kecamatan Tanjungpinang Barat pada MTQ Tingkat Kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 nanti.



“Tujuan dilaksanakannya MTQ ini adalah untuk memelihara dan mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an dan hadis sebagai spirit  untuk mewujubkan kota Tanjungpinang yang maju berbudaya sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani,” sebut Yatim.

MTQ Kali ini, mengusung tema, “Jadikan MTQ Sebagai Momentum untuk Membentuk Manusia yang Qur’ani dan Berakhlak Mulia”, dengan cabang yang dipertandingkan, seni baca Al-Qur’an Tartil Al Qur’an putra dan putri, Tilawah dewasa, remaja, anak-anak putra dan putri, Cabang Hapalan Al Qur’ an golongan 1 juz dan Tilawah putra dan putri, lomba qasidah (Kompang Dewasa), Marawis remaja dan Lomba Astaka terbaik tingkat kelurahan.

Kegiatan diikuti oleh 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Tanjungpinang Barat, dengan masing-masing kelurahan mengirimkan 10 peserta ditambah 1 grub kompang dan marawis. (KP).


Laporan : Effendi Abidin



Memuat...