Belum Punya Dokter Gigi, Puskesmas Palmatak Catat Hipertensi Urutan Tertinggi

oleh -362 views
Ruslan, Kepala Puskesmas Palmatak

ANAMBAS (KP) – Kepala Puskesmas Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Ruslan mengatakan bangun Puskesmas baru yang dirintis tahun 2019 dan selesai dikerjakan Februari 2020, telah dapat digunakan untuk melayani masyarakat sejak Juli 2020 kamarin.

Ruslan sendiri mengaku telah dipercaya untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Palmatak sejak tahun 2018 lalu.

“Saya bertugas jadi Kepala Puskesmas sesuai dengan SK pengangkatan bupati di bulan Agustus tahun 2018 sampai sekarang,” sebutanya kepada koranperbatasan.com, Senin, 08 Maret 2021 diruang dinasnya.

Kata Ruslan, meski masih ada kekurangan baik sarana maupun prasarana di rumah pemberi pertolongan pertama itu, namun aktifitas pelayanan kepada masyarakat tetap terus diupayakannya dengan baik.

“Sudah kita laporkan penambahan sarana untuk Puskesmas Palmatak. Kalau tenaga medis yang dokter kita punya 1 Dokter PNS, 2 Dokter PTT, 3 Dokter Umum. Sedangkan untuk Dokter Gigi kosong,” ujarnya.

Puskesmas Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri

Menurut Ruslan, selama bertugas pihaknya menemukan sedikitnya ada 10 jenis penyakit yang sering ditangani. Tiga diantaranya adalah Hipertensi, ISPA dan Diabetes Mellitus.

“Alhamdulillah sejak kita pindah di Puskesmas Palmatak yang baru, klien kita mulai bagus dan masyarakat antusias datang berobat. Mereka juga mengaku senang dengan pelayanan kita,” terangnya.



Lebih jauh disampikan Ruslan, Puskesmas Palmatak dalam memberi pelayanan kepada masyarakat menjadikan Salam, Senyum dan Sopan Santun (5S) sebagai motto. “Nah, itu yang kita terapkan kepada teman-teman di Puskesmas Palmatak,” imbuhnya.

Sebagai Kepala Puskesmas Palmatak, Ruslan berharap secepatnya dibantu penambahan tenaga medis khusus dokter gigi.

“Harapan kita masyarakat jika sakit jangan merasa bosan dan malu-malu untuk datang beroba di Puskesmas Palmatak. Kami siap melayani mau pagi, siang atau malam. Kita siap 24 jam melayani masyarakat,” pungkasnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra


 


Memuat...