Kasi Tapem Kute Siantan Ingatkan Kelompok Nelayan Terkait Bantuan Bibit Ikan

oleh -206 views

ANAMBAS (KP) – Kasi Tata Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi Tapem), Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Yuliana berharap Pemerintah Desa Payalaman bisa memberikan penghargaan kepada RT dan RW terbaik yang ada di daerahnya.

Hal itu disampikannya saat membuka acara penyerahan bantuan bibit ikan hidup jenis kerapu cantik kepada kelompok nelayan di Pelabuhan Payalaman, Selasa, 09 Maret 2021.

“Mungkin ini bisa menjadi catatan bagi kepala desa untuk membuat penilaian terhadap RT RW terbaik. Jadi mereka yang rajin datang menghadiri undangan nanti kita kasih dia semacam sertifikat atau apa diakhir tahun,” sebut Yuliana dalam sambutannya.

Kata Yuliana, Pemerintah Kecamatan Kute Siantan juga melakukan hal serupa kepada para Kepala Desa (Kades) dan Badan Pengawas Desa (BPD).

“Jadi  Kades dan BPD yang jarang menghadiri undangan dengan yang rajin menghadiri undangan tepat waktu nanti camat akan memberikan dia sebagai penilaian Kades atau BPD terbaik,” ujarnya.

Menurut Yuliana, penerapan uji kedisiplinan dan kepatuhan terhadap kegiatan pemerintahan tersebut dilakukan agar pihak terkait dengan senang hati bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti jalannya kegiatan.



“Mungkin ini bisa diterapkan, karena hari ini saya lihat ada banyak bangku kosong, mungkin dari undangan yang disebarkan dari 50 hanya 30 persen yang hadir. Bisa jadi catatan, bikin saja kreteria penilaiannya. Bukan untuk menakuti tapi setidaknya mereka mau menghadiri undangan yang pak kades sampaikan,” terangnya.

Sejalan dengan rencana itu, mewakili Pemerintah Kecamatan Kute Siantan, Yuliana mengakui bahwa Payalaman merupakan desa pertama yang menyalurkan bantuan jenis bibit ikan.

“Ini desa pertama yang memberi bantuan kepada masyarakat. Saya harap ini bisa berlanjut. Tentu bantuan ini bertujuan baik yakni mensejahterakan masyarakat nelayan, terutama nelayan budidaya ikan hidup,” jelasnya.

Yuliana kelompok nelayan yang telah menerima bantuan bisa memanfaatkannya dengan baik. “Penerima usahakan bantuan ini dirawat sebaik mungkin, agar bisa membuahkan hasil dan berkelanjutan. Karena ada banyak bantuan diberikan tidak berkelanjutan,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Yuliana juga meminta Kades Payalaman melaporkan perkembangan budidaya dari bantuan bibit tersebut. Agar penggunaan dana desa khusus bantuan bibit ini tidak disalahgunakan.

“Pak Kades nanti juga catat mana yang macet, dan mana yang maju. Bagi yang ada peningkatan kita usahakan ditambah kalau perlu kita kasih. Tapi bagi yang laporannya tidak jelas boleh dikasih catatan, karena ini menggunakan dana desa,” imbuhnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra


 


Memuat...