Sekcam Siantan Ingin Potensi Daerah Dikembangkan Untuk Hajad Hidup Orang Banyak

oleh -276 views
Iing Sumindar, S.IP, Sekcam Kecamatan Siantan

ANAMBAS (KP) – Sekcam Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Iing Sumindar, S.IP mengatakan daerahnya memiliki banyak pariwisita menjanjikan. Ragam pariwisata itu, jika terkelola dengan baik bisa mendatangkan PAD bagi daerah.

Kata Sumindar, keberadaan sejumlah objek wisata di daerah dengan jumlah penduduk enam ribu lebih itu, sudah banyak di poles tinggal bagaimana sistem pengembangan dan pengelolaannya saja.

“Saya rasa bisa melalui retribusi orang berkunjung maupun retribusi parkir, yang penting terjangkau murah, meriah dan berkah. Pengelolaannya diserahkan ke desa, apakah melalui BUMDes, atau membantuk sebuah komunitas atau kelompok wisata,” sebutnya kepada koranperbatasan.com, di warung kopi setempat, Rabu 10 Maret 2021.

Menurutnya, ada beberapa objek pariwisata unik dan sering dikunjungi, mulai dari wisata religi sejenis pura, dan beberapa pantai indah seperti Pantai Pasir Manang, Batu Lepe, bahkan wisata agro bisnis Embung Lintang.

“Misalnya wisata agro bisnis kita ada potensi Embung Lintang, bisa saja itu jadi wisata alternatif. Jadi potensi pariwisata di Kecamatan Siantan ada banyak, termasuk di desa-desanya juga banyak. Mereka masing masing punya potensi tersendiri termasuk potensi perikanan di Desa Tarempa Timur,” terangnya.

Keberadaan sejumlah objek wisata ini kata Sumindar tinggal dikemas dan ditata agar menjadi lebih bagus termasuk pengelolaan manajemennya, apakah harus diserahkan ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Jadi tinggal dikelola saja, apakah kerjasama dengan desa melalui BUMDes-nya, karena kemarin barang ini sektornya masuk Dinas PU. Jadi memang belum dibicarakan atau duduk bareng membahas tentang pengembangan dan pengelolaanya seperti apa oleh siapa,” ujarnya.



Kata Sumindar, kelayakan objek wisata yang ada didaerahnya tidak perlu diragukan karena sudah terbukti ramai kunjungan. “Seperti di Pasir Manang, jika bicara layak saat ini khusus bagi masyarakat Kecamatan Siantan sudah jelas menjadi hiburan alternatif Sabtu dan Minggu, mulai dari anak-anak sampai dewasa,” jelasnya.

Makanya lanjut, Sumindar tinggal dikemas tatakelolanya yang bagus agar bisa menarik kunjungan wisatawan seperti Batu Lepe dan Batu Tompak Tige yang sudah dimediasi oleh pemerintah daerah.

“Kan kita tinggal memaksimalkan barang itu. Mungkin tindaklanjutnya mereka harus bentuk Pokdarwis,” imbuhnya.

Sebagai Sekcam Kecamatan Siantan, Sumindar berharap aneka ragam potensi yang tersebar di enam desa dan satu kelurahan itu, bisa terkelola dengan baik dan memdatangkan manfaat buat masyarakatnya.

“Yang jelas hadirnya pemerintah desa dan kelurahan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat. Apa-apa yang menjadi potensi di desa maupun kelurahan digali dulu secara maksimal dan optimal untuk hajad hidup orang banyak,” tutupnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra



Memuat...