HUT TNI AL Ke-76 Seluruh Awak Kapal Ikan Pukat Mayang di Anambas Jalani Vaksinasi

oleh -105 views
Serbuan Vaksinasi Maritim khusunya ditujukan kepada para nelayan Indonesia di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis, 09 September 2021

ANAMBAS – Dalam rangka memperingati Hari Ulang  Tahun TNI Angkatan Laut Ke-76 yang jatuh pada tanggal 10 September 2021. Pangkalan TNI AL Tarempa menyelenggarakan kegiatan Serbuan Vaksinasi yang ditujukan kepada Awak Kapal Ikan Indonesia (Pukat Mayang) yang beroperasi di wilayah kerja Lanal Tarempa, Kamis, 09 September 2021.

Serbuan vaksinasi tersebut seiring dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor 148/Sper/0921 tentang seruan Program Serbuan Vaksinasi Maritim khusunya ditujukan kepada para nelayan Indonesia diwilayah kerja masing-masing.

“Kegiatan Sebuan Vaksinasi Maritim ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilaksanakan oleh TNI AL dalam hal ini Lanal Tarempa, namun kali ini berkaitan dengan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-76 dan sesuai dengan perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, agar seluruh satuan melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi maritim secara serentak terhadap masyarakat nelayan khususnya para awak kapal ikan Indonesia yang sandar di pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja masing-masing,” ungkap Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf.

Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Maritim oleh Lanal Tarempa diselenggarakan di Balai Pelabuhan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Jl. Pelabuhan Perikanan No. 1, Dusun Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kolaborasi dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia cabang Kabupaten Kepulauan Anambas, kegiatan serbuan vaksin diikuti oleh sebanyak 9 buah Kapal Ikan Indonesia dengan jumlah awak kapal lebih kurang 300 orang.

Danlanal Tarempa juga menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan rekan kita dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cabang Kabupaten Kepulauan Anambas (DPC HNSI) dengan maksud dan tujuan agar suksesnya penyelenggaraan kegiatan vaksinasi yang ditujukan kepada awak kapal Indonesia beroperasi di wilayah perairan Kepulauan Anambas dan Laut Natuna Utara yang melaksanakan bekal ulang dan berlindung di Pelabuhan Perikanan Anambas salah satunya di Pelabuhan Perikanan Antang.

Yusuf selaku Ketua Pelaksana Harian HNSI Kecamatan Siantan mewakili DPC HNSI Cabang Kabupaten Kepulauan Anambas menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang telah tanpa lelah menggelar program vaksinasi, tidak lain demi memtus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kepulauan Anambas terutama ditujukan kepada para pendatang seperti awak-awak kapal ikan dari luar daerah misalnya seperti saat ini Kapal Ikan Indonesia (Pukat Mayang) yang singgah di pelabuhan di Kabupaten Kepualaun Anambas.



“Kami dari HNSI Kepulauan Anambas kata Yusuf mendukung dan menerima dengan baik program kegiatan vaksinasi maritim yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Tarempa. Sekali lagi kami sebagai warga Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Tarempa dan pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga menjadi amal kebaikan dan dedikasi kepada masyarakat dan negara,”_ujar Yusuf di Pelabuhan Antang, Kamis 09 September 2021.

Salah satu Nakhoda Kapal, Jalal mewakili seluruh awak kapal ikan Indonesia (Pukat Mayang) juga turut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa yang telah menyelenggarakan vaksinasi terhadap Awak- awak kapal Pukat Mayang.

“Terima kasih TNI Angkatan Laut, terima kasih Lanal Tarempa yang sudah memvaksin kami, saya mewakili kawan-kawan awak mengucapkan Selamat Ulang Tahun TNI Angkatan Luat Ke-76, semoga TNI Angkatan Laut selalu jaya dan sukses,” kata Jalal.

Di tempat yang sama dalam waktu yang berbeda, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla didampingi oleh Pjs. Perwira Staf Operasi dan Perwira Staf Intelijen Lanal Tarempa memberikan sosialisasi dan dialog kepada para Nakhoda Kapal Ikan Indonesia (Pukat Mayang) terkait keselamatan dalam berlayar selama melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di perairan Indonesia dan juga menjelaskan batas-batas wilayah perairan Indonesia  dan penangkapan ikan, mana yang bisa dan mana yang dilarang untuk beroperasi, sehingga diharapkan para awak kapal terhindar dari pelanggaran hukum di laut.

“Bapak-bapak selaku Nahkoda Kapal harus tahu dan mengerti akan batas-batas wilayah perairan Indonesia dan memasang GPS pada saat melaut serta melengkapi semua dokumen yang seharusnya ada di atas kapal saat beroperasi di laut. Jangan takut dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) apabila bertemu dan kontak saat di laut, lakukan komunikasi dengan baik dengan KRI dan sampaikan apabila menemui kendala dan adanya indikasi tindak pidana di laut terutama keberadaan Kapal Ikan Asing atau Kapal Perang Asing yang masuk dalam wilayah perairan Indonesia.

Kapal Ikan Indonesia seperti Pukat Mayang ini salah satu mata dan telinga negara khususnya TNI Angkatan Laut selama di laut sehingga sangat diperlukan keberadaan kapal-kapal Ikan Indonesia guna mengisi kekosongan laut Indonesia khsusnya di wilayah ZEEI serta dapat memberikan informasi terkait indikasi tindak pidana dilaut yang dilakukan oleh kapal ikan negara tetangga.

Pelaksanaan serbuan vaksinasi terhadap awak kapal Ikan Indonesia (Pukat Mayang) di Balai Pelabuhan Perikanan Antang berjalan dengan aman dan lancar serta dalam pelaksanaannya tetap mentaati protokol kesehatan. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Pen Lanal Tarempa